Kritik Nyelekit Jonatan Christie, Liem Swie King: Dia Belum Jadi Pemain Kelas Dunia

Selasa, 19 April 2022 14:35 WIB
Penulis: Dyah Fitri Hapsari | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Legenda bulutangkis Indonesia Liem Swie King setuju dengan penilaian Taufik Hidayat mengenai prestasi tunggal putra Indonesia. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Legenda bulutangkis Indonesia Liem Swie King setuju dengan penilaian Taufik Hidayat mengenai prestasi tunggal putra Indonesia. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Indonesia Liem Swie King setuju dengan penilaian Taufik Hidayat mengenai prestasi tunggal putra Indonesia.

Sejauh ini, menurut Liem Swie King, Jonatan Christie dan pemain tunggal putra lainnya belum mencapai kelas dunia.

Secara khusus, Liem Swie King memberikan komentarnya mengenai level Jonatan Christie melalui pesan singkat kepada media detikSport pada Minggu (17/04/22) yang kemudian diunggah ulang oleh akun BadminTalk di instagram resmi @badmintalk_com, Senin (18/04/22) .

"Menurut saya Jonatan memang belum mencapai level dunia. Hanya kelas-kelas itu saja yang bisa dimenangkan. Kalau bertanding di kelas dunia ya memang sebelumnya bukan kelas dia," kata Liem

"Intinya belum mencapai kelas dunia," ia mempertegas.

Menurut Liem Swie King sendiri, hal yang menjadikan para atlet tunggal putra belum mampu mencapai level dunia karena banyak persyaratan yang belum terpenuhi.

Meskipun, saat ini banyak tunggal putra Indonesia yang masuk ke jajaran top 10 ranking dunia.

Saat ini Anthony Sinisuka Ginting berada di peringkat ke-5 dunia, Jonatan di urutan k-8 dunia, dan Shesar berada di ranking ke-24 dunia.

"Mungkin masih banyak kekurangannya, syarat-syarat untuk menjadi juara dunia," ujar Liem.

"Jadi seorang juara dunia harus komplet persyaratannya. (Sebagai contoh) Latihan teknik maupun fisik masih kurang mumpuni," lanjutnya.