Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Thailand, Siap Ganggu Dominasi Asia Timur

Rabu, 4 Mei 2022 17:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© BWF Badminton
Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari tim tuan rumah, Copyright: © BWF Badminton
Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari tim tuan rumah,

INDOSPORT.COM - Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022, berikut kami ulas profil dari tim tuan rumah, 

Baru tujuh bulan usai berakhirnya Piala Thomas dan Uber 2020, ajang bulutangkis beregu putra dan putri dunia itu sudah kembali bergulir pada Mei 2022 ini. 

Seperti diketahui, Piala Thomas dan Uber 2022 memang akan digelar pada 8-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Piala Thomas dan Uber 2022 sendiri akan diikuti oleh 16 tim putra dan 16 tim putri. Beberapa negara dengan kekuatan bulutangkis kuat mengirimkan tim putra dan putri sekaligus, salah satunya Thailand. 

Di Piala Thomas, Thailand tergabung di Grup A bersama Indonesia, Korea Selatan, dan Singapura. Sementara itu di Piala Uber, Tim Gajah Putih tergabung di Grup C bersama Denmark, Malaysia, dan Mesir.  

Berikut profil tim Piala Thomas dan Uber 2022 dari tim Thailand selengkapnya.

Rekam Jejak

Meski bukan termasuk ke dalam The Big 4 kekuatan bulutangkis dunia, tetapi kualitas dari tim Thailand tak perlu diragukan lagi. Khususnya di sektor putri di mana mereka menjadi salah satu yang terbaik di dunia. 

Tim Uber Thailand merupakan salah satu yang paling diperhitungkan di dunia. Mereka sudah melejit sejak tahun 2012 di mana sanggup menjadi semifinalis. 

Setelah itu, Thailand hampir selalu menjadi unggulan meskipun belum ada satu gelar pun yang mampir. Prestasi terbaik tim Piala Uber Thailand adalah runner-up tahun 2018. Ketika itu, Ratchanok Intanon dkk dikandaskan Jepang 3-0. 

Dibanding Indonesia sekalipun, Thailand adalah yang terbaik di Asia Tenggara dan pengganggu dominasi kekuatan Asia Timur seperti china, Jepang, dan Korea Selatan. 

Pada gelaran Piala Uber 2021 lalu mereka juga tembus ke babak semifinal. Sementara itu, penampilan berbeda ditunjukkan tim putra mereka. 

Meski memiliki sejumlah nama-nama legendaris seperti Boonsak Ponshana, tetapi kekuatan tim putra Thailand tidak begitu diperhitungkan. 

Mereka kerap tertinggal dari negara besar seperti China, Jepang, Indonesia, Denmark, dan bahkan Malaysia. Gelar Piala Thomas pun belum pernah Thailand raih. 

Akan tetapi, dalam dua tahun terakhir, tim bulutangkis putra Thailand menunjukkan kebangkitan. Sejumlah nama pemain muda cukup memberikan tekanan bagi negara mapan seperti Indonesia. Terbukti pada gelaran 2021 lalu, mereka hampir saja mengalahkan Indonesia di babak grup sebelum akhirnya menyerah 3-2.