Lee Chong Wei Sebut Ada Andil dari Legenda Indonesia Berkewarganegaraan AS dalam Karier Hebatnya

Jumat, 6 Mei 2022 13:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© MANAN VATSYAYANA/AFP/Getty Images
Karier hebat eks pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, juga berkat andil legenda Indonesia berkewarganegaraan Amerika Serikat, yakni Tony Gunnawan. Copyright: © MANAN VATSYAYANA/AFP/Getty Images
Karier hebat eks pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, juga berkat andil legenda Indonesia berkewarganegaraan Amerika Serikat, yakni Tony Gunnawan.

INDOSPORT.COM – Tidak ada yang menyangka bahwa karier hebat eks pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, juga berkat andil legenda Indonesia berkewarganegaraan Amerika Serikat, yakni Tony Gunnawan.

Hampir seluruh dunia mengenal sosok Lee Chong Wei. Dia dulunya adalah tunggal putra bulutankis terhebat di dunia asal Malaysia yang memiliki segudang prestasi di kancah internasional.

Memulai kariernya sebagai pebulutangkis sejak usia 19 tahun, Chong Wei menjelma menjadi sosok yang menakutkan bagi setiap lawannya. Sepanjang kariernya, Chong Wei mampu menembus babak final hingga 96 kali, 65 diantaranya berhasil ia menangkan.

Berkat karier hebatnya, Lee Chong Wei pun termasuk dalam legenda The Big Four yang dihuni oleh Taufik Hidayat dari Indonesia , Peter Gade dari Denmark dan legenda China Lin Dan.

Melansir dari The Star, Lee Chong Wei baru-baru ini mengungkapkan bahwa karier hebatnya tersebut terinspirasi dari kesuksesan karier legenda ganda putra Indonesia, Tony Gunawan.

“Tony adalah salah satu idola saya ketika karir internasional saya lepas landas. Cara dia memenangkan emas Olimpiade (bersama Candra) dan terus meraih sukses besar dengan mitra yang berbeda sangat fenomenal,” kata Chong Wei.

“Dia adalah pemain senior dan sangat disiplin. Saya terinspirasi oleh prestasinya di awal karier saya,” lanjutnya.

“Dia berhasil menemukan kesuksesan dengan pemain mana pun dalam rentang waktu singkat dan bahkan melakukannya dengan baik di ganda campuran.”

Diketahui, awal karier Lee Chong Wei yang mulai bersinar terang pada akhir 1990-an bertepatan ketika Tony Gunawan mencapai kesuskesan besar dengan mitra berbeda.

Tony Gunawan mampu memenangkan medali emas ganda putra bersama Candra Wijaya di ajang Olimpiade Sydney 2000.

Setelah itu, dia juga berhasil menjadi juara dunia pada tahun 2001 bersama dengan mitra lainnya, yakni Halim Haryanto.

Saat itu, Tony Gunawan menjadi pemain pertama yang memenangkan gelar dunia untuk dua negara berbeda. Dia meraih gelar juara dunia keduanya bersama Howard Bach, mewakili Amerika Serikat pada tahun 2005.

Ini merupakan gelar pertama yang dimenangkan oleh pasangan ganda putra Amerika Serikat dalam sejarah Kejuaraan Dunia.