In-depth

Cerita Mia Audina dan Tony Gunawan yang Mendua Karena Dipaksa Keadaan

Senin, 2 Mei 2022 23:48 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Mia Audina dan Tony Gunawan adalah contoh 2 atlet bulutangkis asal Indonesia yang terpaksa pindah negara karena keadaan. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Mia Audina dan Tony Gunawan adalah contoh 2 atlet bulutangkis asal Indonesia yang terpaksa pindah negara karena keadaan.

INDOSPORT.COM - Mia Audina dan Tony Gunawan adalah contoh 2 atlet bulutangkis asal Indonesia yang terpaksa pindah negara karena keadaan.

Bagi publik pecinta bulutangkis Indonesia, sosok Mia Audina dan Tony Gunawan bukan merupakan sosok yang asing.

Keduanya pernah berjuang untuk Indonesia dan berhasil mempersembahkan banyak gelar dalam berbagai kompetisi bulutangkis yang mereka ikuti.

Tak hanya itu, aksi-aksi dari kedua eks pebulutangkis tersebut di lapangan juga telah memberikan kesan yang membekas di hati pada pecinta bulutangkis Indonesia.

Masih membekas dalam ingatan, bagaimana seorang Mia Audina yang masih berusia 14 tahun tampil dengan begitu memukaunya di dua edisi final Piala Uber 1994 dan 1996 untuk mempersembahkan gelar bagi Indonesia.

Sampai-sampai, karena aksi luar biasanya itu, Mia Audina mendapat julukan 'Si Bocah Ajaib'. Sebuah julukan yang sampai saat ini belum dimiliki pebulutankis Indonesia.

 Tak hanya di panggung Piala Uber saja, di usianya yang masih muda, ia juga berhasil meraih medali perak di edisi Olimpiade Atlanta 1996 usai kalah dari musuh bebuyutan Susy Susanti, yakni Bang Soo-hyun.

Tak hanya Mia Audina saja, Tony Gunawan pun juga sama. Bermain di sektor ganda putra Indonesia, eks pebulutangkis kelahiran 9 April 1975 tersebut berhasil mempersembahkan gelar Piala Thomas, medali emas Olimpiade, Kejuaraan Dunia dan Asian Games untuk Indonesia.

Sayangnya, kisah Mia Audina dan Tony Gunawan dengan bulutangkis Indonesia harus selesai sebelum mereka memutuskan gantung raket.

Keduanya diketahui memutuskan berpindah kewarganegaraan dan tampil untuk negara baru mereka di turnamen bulutangkis internasional.

Mia Audina memutuskan menjadi warga negara Belanda, sedangkan Tony Gunawan menjadi warga negara Amerika Serikat.

Keputusan keduanya berpindah kewarganegaraan menuai beragam kontroversi dari publik pecinta bulutangkis Indonesia.

Banyak yang mendukung keputusan keduanya, tetapi tak sedikit pula yang mempertanyakan nasionalisme mereka.

Namun sebenarnya, apakah benar baik Mia Audina dan Tony Gunawan memutuskan berpindah kewarganegaraan karena keinginan? Berikut INDOSPORT.com mengulasnya untuk Anda: