Lee Zii Jia Hengkang dari Pelatnas, Lee Chong Wei Minta Regenerasi demi Olimpiade

Jumat, 27 Mei 2022 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© thestar
Pebulutangkis asal Malaysia Lee Zii Jia dan Lee chong Wei. Copyright: © thestar
Pebulutangkis asal Malaysia Lee Zii Jia dan Lee chong Wei.

INDOSPORT.COM - Sejak Lee Zii Jia memutuskan untuk hengkang dari Pelatnas Bulutangkis Malaysia, Datuk Lee Chong Wei menuntut adanya regenerasi tunggal putra.

Pasalnya, sampai saat ini belum ada pemain pelapis tunggal putra Malaysia yang bisa menyusul Lee Zii Jia di top 10 dunia.

Padahal, setiap negara bisa mengirimkan dua pebulutangkis ke Olimpiade Paris 2024, di sektor yang sama. Namun, Malaysia kini belum memiliki pemain yang sepadan.

Perhitungan poin menuju Olimpiade Paris 2024 akan dimulai pada 1 Mei 2023 nanti.

Legenda bulutangkis Malaysia dan mantan pemain tunggal putra terbaik dunia, Datuk Lee Chong Wei menuntut regenerasi dari Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Menurut Datuk Lee Chong Wei, Direktur Pembinaan Pemain Tunggal, Wong Choong Hann harus bertanggung jawab atas hasil minor pemain tunggal selain Lee Zii Jia.

"Ini adalah tanggung jawab Wong Choong Hann untuk duduk bersama para pelatih lainnya, identifikasi apa masalahnya," ungkap Lee Chong Wei via Berita Harian.

"Apa masalahnya? Apakah karena sikap para pemain, program latihan, atau disiplin," lanjut sosok legendaris berusia 39 tahun itu.

"Setelah itu, cari solusi dan kemudian rencanakan program pelatihan yang lebih efektif untuk para pemain," tegasnya.

"Semua ini perlu dimulai dari sekarang, dua tahun adalah waktu yang singkat dan kami tidak bisa membuang waktu lagi," kata peraih medali perak di tiga Olimpiade itu.