In-depth

Sejarah dan Daftar Juara Indonesia Masters: Bulutangkis Tanah Air Masih Pimpin Gelar Terbanyak

Selasa, 7 Juni 2022 14:37 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PBSI
Sejarah dan Daftar Juara Indonesia Masters: Bulutangkis Tanah Air Masih Pimpin Gelar Terbanyak. Copyright: © PBSI
Sejarah dan Daftar Juara Indonesia Masters: Bulutangkis Tanah Air Masih Pimpin Gelar Terbanyak.

INDOSPORT.COM - Berikut sejarah turnamen bulutangkis Indonesia Masters beserta daftar juara dari masa ke masa sejak ajang ini digelar di Samarinda pada 2010 silam.

Sebelum menjadi Indonesia Masters, turnamen ini awalnya bernama Indonesia Open Grand Prix Gold. Kota Samarinda, Kalimantan Timur menjadi saksi bisu ajang ini digelar pada 2010 silam.

Indonesia Open Grand Prix Gold digolongkan BWF sebagai turnamen "kasta" ketiga dalam Grade 2 (Grade 1 berisi turnamen mayor, seperti Kejuaraan Dunia, Thomas-Uber Cup, Sudirman Cup, dan Olimpiade).

Saat itu, Indonesia langsung memborong gelar juara di tiga sektor yakni Taufik Hidayat (tunggal putra), Mohammad Ahsan/Bona Septano (ganda putra), dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran).

Pada 2014, turnamen itu berganti nama menjadi Indonesia Masters Grand Prix Gold sehingga menjadi berbeda dengan Indonesia Open yang berstatus turnamen Super Series Premier.

Kemudian pada 2018, BWF mengubah sistem klasifikasi turnamen bulutangkis yang membuat turnamen ini dipersingkat menjadi Indonesia Masters. Ajang ini berada di level keempat dalam Grade 2 dengan kategori BWF World Tour Super 500.

Sejak turnamen ini digelar pada 2010 silam, Indonesia sukses menjadi yang paling banyak meraih gelar juara. Tuan rumah sudah 25 kali menjadi pemenang dengan distribusi tujuh gelar tunggal putra, satu tunggal putri, sembilan ganda putra, dua ganda putri dan enam ganda campuran.

Pada 2022 ini, pergelaran Indonesia Masters akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta sejak Selasa (07/06/22) pagi tadi. Ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya hingga Putri Kusuma Wardani yang bakal unjuk gigi.