Yeremia Dihantam Cedera ACL, Pebulu Tangkis Cantik Jepang beri Wejangan Ampuh

Minggu, 19 Juni 2022 13:35 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulu tangkis ganda putri Jepang, Sayaka Hirota, memberikan wejangan ampuh untuk Yeremia Rambitan yang baru saja dihantam cedera ACL di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulu tangkis ganda putri Jepang, Sayaka Hirota, memberikan wejangan ampuh untuk Yeremia Rambitan yang baru saja dihantam cedera ACL di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Pebulu tangkis ganda putri Jepang, Sayaka Hirota memberikan wejangan ampuh untuk Yeremia Rambitan yang baru saja dihantam cedera ACL saat tanding di Indonesia Open 2022.

Yeremia Rambitan merupakan pemain Tanah Air yang baru saja mengalami cedera dan menjadi salah satu momen emosional yang berlangsung di Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Pasangan Pramudya Kusumawardana kala itu terjatuh saat pertandingan melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di babak perempat final Indonesia Open 2022.

Yeremia sempat mendapat dua kali pertolongan medis dan memilih melanjutkan pertandingan. Sayang setelah unggul 20-17, Pramudya/Yeremia akhirnya kalah 20-22.

Cedera Yeremia terjadi karena posisi kaki yang tidak stabil saat akan mengambil bola di depan net, sehingga ia tak mampu lagi bertahan dan berdiri pun sulit.

Seusai pertandingan, Herry IP selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI mengonfirmasi hasil MRI, di mana Yeremia Rambita mengalami cedera ACL.

“Dari hasil MRI pada Jumat malam lalu, ACL-nya robek sekitar 50 persen. Untuk cedera seperti itu, masa pemulihannya biasanya lama, minimal sekitar enam bulan," kata Herry IP.

Kabar ini juga dikonfrimasi oleh Grace Joselini Corlensa Setiawan selaku dokter PBSI, yang mengatakan Yeremia sudah menjalani tes MRI dan mengalami cedera lutut kiri. Cedera Yeremia diperkirakan membutuhkan masa pemulihan selama 3 hingga 6 bulan.

Lebih lanjut dr. Grace mengatakan sejauh ini Yeremia tidak akan mendapatkan tindakan operasi. Tim dokter PBSI sepakat, Yeremia akan diterapi dulu sambil terus melakukan pemeriksaan lanjutan.

Di sisi lain, Yeremia juga mendapatkan wejangan dari Sayaka Hirota yang juga pernah mengalami cedera ACL dalam kariernya.