Terkuak Rencana Eks Rival Kevin/Marcus Usai Pensiun dari Tim Nasional China

Sabtu, 2 Juli 2022 17:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shi Tang/Getty Images & PBSI
Terkuak rencana ganda asal China partner Zhang Nan, Liu Cheng, pascapensiun sebagai pemain bulutangkis profesional. Copyright: © Shi Tang/Getty Images & PBSI
Terkuak rencana ganda asal China partner Zhang Nan, Liu Cheng, pascapensiun sebagai pemain bulutangkis profesional.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis spesialis ganda asal China, Liu Cheng, putuskan mundur dari tim nasional. Kini terkuak rencana partner Zhang Nan ini usai jalani kehidupan baru.

Perlu diketahui, macetnya gelar ganda putra China dalam beberapa waktu terakhir, membuat sektor ini mengalami perombakan total pada 2021-2022.

Demi proyeksi menuju Olimpiade 2024 di Paris pada Juli mendatang, sejumlah pasangan ganda baru mulai terbentuk, dan mereka harus mulai berburu poin dari nol lagi.

Seperti halnya Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi , Liang Wei Keng/ Wang Chang, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, Ren Xian Yu/Tan Qiang, dan masih banyak lagi.

Tak cukup menyakinkan dengan skuat yang ada, Zhang Jun selaku Kepala Asosiasi Bulutangkis China (CBA), kembali memasangkan Juara Dunia 2017, Liu Cheng/Zhang Nan.

Nama Liu Cheng/Zhang Nan memang bukan pasangan asing di ganda putra China. Mereka berjaya pada era 2017-2018, sebelum akhirnya menurun dan diceraikan pada 2019.

Terakhir kali sebelum rujuk pada 2022, Liu Cheng berpasangan dengan Huang Kai Xiang, dan Zhang Nan dengan Ou Xuan Yi.

Debut pasangan-pasangan ganda baru asal China itu adalah di German Open 2022 yang berlangsung pada 8-13 Maret 2022 lalu.

Hingga saat ini, pada saat pebulu tangkis China lainnya mulai menunjukkan progress yang pasti, performa Liu Cheng/Zhang Nan justru masih stagnan.

Bahkan Zhang Nan sempat mengunggah momen saat dia kembali ke China, dan menduga sang pebulu tangkis kebanggaan China itu akan pensiun dalam waktu dekat.

Sinyal dari Zhang Nan itu secara mengejutkan justru menghampiri Liu Cheng yang memutuskan mundur dari tim nasional di usia 30 tahun.