Jumpa Legenda Malaysia, Taufik Hidayat Ogah Diajak Tanding Bulutangkis Lagi

Kamis, 14 Juli 2022 13:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Ian Kington/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat. Copyright: © Ian Kington/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM - Jumpa legenda Malaysia, Tan Boon Heong, Taufik Hidayat ogah jika diajak bertanding bulutangkis lagi. Sebab, kondisi dahulu berbeda dengan sekarang.

Menurut Taufik Hidayat, ada perbedaan mendasar antara bulutangkis zaman dulu dan sekarang, sehingga membuatnya tidak termotivasi lagi untuk bermain tepok bulu.

"Tidak ada (rindu main bulutangkis). Saya rindu tapi susah untuk main lagi, melihat court saja sekarang sudah besar," ungkap Taufik Hidayat di Youtube Tan Boon Heong.

Padahal, walaupun berbeda, tapi olahraga bulutangkis masa kini menawarkan lebih banyak hal, termasuk hadiah yang besar.

Tapi Taufik Hidayat merasa sudah cukup bermain bulutangkis sampai usia 33 tahun, dan memutuskan pensiun pada tahun 2013.

"Dulu dan sekarang sangat beda, misalnya saja kita lihat prize money, sekarang lebih besar ketimbang dulu, tapi tidak apa lah, bersyukur aja walaupun tidak main lagi."

Meski Taufik belum melengkapi gelar juara, namun ia merasa jika bermain dengan level seperti sekarang, gelar juara pun akan sulit.

"Kalau balik lagi ke zaman dulu, mungkin saya masih banyak kurang, belum lengkap (gelar juara), saya hanya main sebentar, di usia 33 tahun sudah berhenti," imbuhnya.

"Saya rasa kalau dengan model sekarang, ada physical, ada sport science, mungkin saya bisa main panjang. Tapi setelah umur 30 saya agak drop," ujar pria 40 tahun itu.

Maka dari itu, untuk sektor tunggal putra, Taufik Hidayat menyerahkan perjuangan pada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, serta Shesar Hiren Rhustavito.