In-depth

3 Rekor Taufik Hidayat yang Sulit Dipatahkan, Jonatan dan Ginting Belum Sepadan?

Minggu, 31 Juli 2022 14:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Ian Kington/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat. Copyright: © Ian Kington/AFP via Getty Images
Legenda pebulutangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM - Ada tiga rekor yang dicatatkan oleh pebulutangkis legendaris Indonesia, Taufik Hidayat. Jonatan Christie dan Anthony Ginting pun belum sepadan.

Dengan pencapaiannya di masa lalu, wajar jika Taufik Hidayat kerap mengkritisi sektor tunggal putra Indonesia. Ia memiliki kiprah yang luar biasa saat masih menjadi atlet.

Sayangnya, Taufik Hidayat memutuskan untuk cepat pensiun. Ia gantung raket di usia 32 tahun, pada 16 Juni 2013 silam.

Meski demikian, Taufik sudah mengukirkan banyak rekor pribadi, yang sampai saat ini, hampir satu dekade berlalu, tetapi belum ada yang bisa mematahkan rekornya.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga rekor milik Taufik Hidayat yang sulit dipatahkan.

1. Juara Indonesia Open Terbanyak

Taufik Hidayat sampai kini masih menjadi pemain yang mengoleksi gelar Indonesia Open terbanyak. Ia memenangkan ajang bergengsi tersebut sebanyak enam kali.

Taufik Hidayat berhasil menjuarai Indonesia Open edisi tahun 1999, 2000, 2002, 2003, 2004, dan 2006. Sampai kini, belum ada pemain yang bisa menyalip rekor Taufik.

Di era yang sama, ada satu pemain yang juga mengoleksi enam gelar di Indonesia Open, yakni Lee Chong Wei (Malaysia), tahun 2007, 2009, 2010, 2011, 2013, 2016.

Memang, sebelumnya ada satu pemain bulutangkis yang mengoleksi enam gelar Indonesia Open, yakni Ardy B. Wiranata. Hanya saja, ia sudah lama gantung raket.