In-depth

3 Legenda Bulutangkis Commonwealth Games, Lee Chong Wei Masih Digdaya

Senin, 25 Juli 2022 22:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei salah satu legenda bulutangkis Commonwealth Games. Foto: On Man Kevin Lee/Getty Images. Copyright: © On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei salah satu legenda bulutangkis Commonwealth Games. Foto: On Man Kevin Lee/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Setelah turnamen bulutangkis Taipei Open, sejumlah pemain diagendakan mengikuti Commonwealth Games yang akan dimulai pada 28 Juli mendatang.

Commenwealth Games edisi 2022 ini diselenggarakan oleh Birmingham yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Bulutangkis pun menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan selain basket 3x3, gulat, tenis meja, triathlon, gymnastics, cycling, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Commonwealth Games juga menyajikan sejumlah cabor unik yang jarang didengar orang awam seperti netball, cricket T20 (twenty20), voli pantai, dan lawn balls.

Tidak hanya itu, atlet-atlet yang menyandang disabilitas juga bisa berpartisipasi di ajang multi-sport empat tahunan ini.

Sebagai informasi, Commonwealth Games adalah perhelatan multi-sport yang diikuti oleh negara-negara persemakmuran Kerajaan Inggris.

Bulutangkis pertama kali ‘debut’ di Commonwealth Games pada tahun 1966 silam. Sejauh Ini, Inggris menjadi negara yang paling sukses dengan raihan 109 medali.

Malaysia dan India masing-masing menyusul di belakangnya, di peringkat dua dan tiga. Ya, mereka semua adalah jagoan yang namanya sudah lama berkibar di kancah bulutangkis.

Selain Malaysia dan India, negara-peserta Commonwealth Games dari Asia yang masuk 10 besar medali bulutangkis terbanyak adalah Singapura dan Hong Kong.

Lantas, bagaimana dengan para legendanya?