Pernah Umbar Resep Rusak Dominasi Ganda Putra Indonesia, Cai Yun Kini Malah Ketiban Sial

Senin, 1 Agustus 2022 15:08 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Koki Nagahama/Getty Images
Sempat mengumbar resep yang diklaim ampuh untuk memutus dominasi ganda putra China, juara dunia 4 kali asal China, Cai Yun, kini dikabarkan sedang ketiban sial. Copyright: © Koki Nagahama/Getty Images
Sempat mengumbar resep yang diklaim ampuh untuk memutus dominasi ganda putra China, juara dunia 4 kali asal China, Cai Yun, kini dikabarkan sedang ketiban sial.

INDOSPORT.COM – Sempat mengumbar resep yang diklaim ampuh untuk memutus dominasi ganda putra China, juara dunia 4 kali asal China, Cai Yun, kini dikabarkan sedang ketiban sial.

Sekadar informasi, meski sudah pensiun pada 2016 lalu, legenda ganda putra China, Cai Yun,  memang dikenal cukup kritis dalam mengikuti perkembangan bulutangkis.

Beberapa waktu lalu, Cai Yun secara terang-terangan sempat mengutarakan betapa dia mengagumi regenerasi dan dominasi ganda putra Indonesia.

Dalam pernyataan lain, Cai Yun justru mengkritik pedas bagaimana macetnya gelar ganda putra China sejak berpisahnya peraih perak Olimpiade Tokyo 2020, Li Junhui/Liu Yu Chen.

Teranyar, Cai Yun kemudian ‘merevisi’ pernyataannya bahwa China bisa mematahkan dominasi bulutangkis ganda putra Indonesia, asalkan bisa memanfaatkan kelemahan sang lawan.

“Ganda putra Indonesia memiliki (daya serang) dari backcourt yang kurang baik dan performa yang tidak stabil, ”ucap Cai Yun dilansir dari media China, Sohu.

“Namun mereka (ganda putra Indonesia) dapat menutupi kekurangan di backcourt melalui keunggulan di frontcourt,” sambungnya.

“Kekuatan Indonesia hanya sementara, selama kita memperkuat pelatihan teknis dan taktis kita sendiri dan memanfaatkan kekuatan serta menghindari kelemahan, saya yakin tidak akan terlalu lama untuk menembusnya,” ungkap Cai Yun.

“Pada akhirnya, kita memiliki karakteristik dan kelebihan kita sendiri. Kita tidak boleh meremehkan diri kita sendiri. Kita secara alami dapat mengalahkan musuh yang kuat dengan memberikan permainan penuh untuk keuntungan kita,” pungkas Cai Yun.

Kini, beberapa waktu setelah pernyataannya viral di berbagai media China, Cai Yun justru diketahui sedang ketiban sial lantaran terpapar cedera di laga eksebisi bulutangkis.