Tak Hanya Momota, Pelatih Indonesia Imam Tohari Rupanya Juga Penemu Bakat Yuta Watanabe

Selasa, 2 Agustus 2022 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tak hanya Kento Momota, pelatih bulutangkis asal Indonesia, Imam Tohari, juga berjasa saat menemukan bakat besar dari Jepang, Yuta Watanabe. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tak hanya Kento Momota, pelatih bulutangkis asal Indonesia, Imam Tohari, juga berjasa saat menemukan bakat besar dari Jepang, Yuta Watanabe.

INDOSPORT.COM - Tak hanya Kento Momota, pelatih bulutangkis asal Indonesia, Imam Tohari juga berjasa saat menemukan bakat besar dari Jepang, Yuta Watanabe.

Sudah menjadi rahasia umum, ada peran pelatih Indonesia dalam kesuksesan karier Kento Momota sebagai pebulu tangkis tunggal putra nomor satu Jepang.

Adapun sosok yang dimaksud ialah Imam Tohari, eks pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, pasangan dari Emma Ermawati.

Saat bersama Emma, Imam Tohari berhasil meraih sejumlah medali, di antaranya emas India Open 1997, perak di Polish Open 1997, dan perunggu di Kejuaraan Dunia 1997.

Usai menyatakan diri 'gantung raket', Imam Tohari akhirnya mulai meniti karier sebagai pelatih di negeri Jepang pada 2002 silam.

Saat itulah Imam Tohari mulai mengenal salah satu bibit unggulan yang kelak akan menjadi pebulu tangkis hebat kelas dunia di nomor tunggal putra, yakni Kento Momota.

Ketika berbincang di Youtube PB Djarum, Imam Tohari mengaku sampai kini masih berkomunikasi dengan Kento Momota.

Bahkan, saat Imam Tohari mengajak Kento Momota video call, pebulutangkis nomor dua terbaik dunia itu dengan senang hati mengangkatnya, hingga ia melepas rindu.

"Memang dari kecil sih (sama saya), jadi Kento Momota sangat dekat," ucap Imam Tohari lewat tayangan Youtube PB Djarum.

"Dulu sempat waktu dia masih kelas tiga SMP, saya bawa-bawa ke Indonesia. Saya ajak ikut latihan di tempat Taufik (Hidayat), waktu Taufik masih jadi atlet," imbuhnya.