BWF Kenang Kampiun Kejuaraan Dunia Era 1990-an, Ada Susi Susanti dan Rexy Mainaky

Rabu, 17 Agustus 2022 15:27 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti, legenda bulutangkis Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti, legenda bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - BWF baru saja mengenang Kejuaraan Dunia Bulutangkis era 1990-an. Terdapat Susy Susanti dan Rexy Mainaky di sana.

Penggemar bulutangkis dekade 1990-an pasti tidak akan lupa betapa hebatnya Susy Susanti dan Rexy Mainaky pada saat itu.

Susy Susanti adalah pebulutangkis asal Indonesia yang bergelimang prestasi selama karier profesionalnya. Ia bahkan dianggap sebagai tunggal putri terhebat sepanjang masa.

Bukan tanpa alasan, wanita keturunan Tionghoa tersebut mempunyai rekor ciamik, yaitu 295 kali menang dan hanya kalah 52 kali sepanjang kariernya.

Maka, tak heran pada 2004, Susy Susanti menerima penghargaan Badminton Hall of Fame. Sudah jelas sebab ia memenangi banyak medali emas baik itu di Olimpiade, Kejuaraan Dunia, maupun Piala Dunia.

Di sisi lain, Rexy Mainaky juga tidak kalah hebatnya. Layaknya Susi Susanti, ia juga memperoleh banyak medali emas selama karier profesionalnya.

Sebut saja di Olympic Games, World Championship, Thomas, Cup, Asian Cup, dan masih banyak lagi. Pada World Championship 1995, bersama pasangan gandanya, Ricky Subagja, mereka berhasil membuat lawan mencicipi skor Afrika.

Bagaimana tidak. Rexy/Ricky sukses membekuk ganda Denmark, Jon Holst-Christensen/Thomas Lund selama dua set dengan kemenangan 15-5 dan 15-2.

Seperti Susy Susanti, nama Rexy Mainaky juga diabadikan dalam BWF Hall of Fame pada 2009 karena prestasinya yang begitu gemilang.

Kini BWF kembali mengenang Kejuaraan Dunia di era 1990-an yang mana terdapat Susy Susanti dan Rexy Mainaky dalam video tersebut.