In-depth

Apa Kabar Pia Zebadiah? Pebulutangkis Serba Bisa yang Comeback karena Amanat Markis Kido

Jumat, 9 September 2022 13:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© pbdjarum.org
Markis Kido dan Pia Zebadiah Copyright: © pbdjarum.org
Markis Kido dan Pia Zebadiah

INDOSPORT.COM -  Apa kabar Pia Zebadiah Bernadet? Pebulutangkis serba bisa asal Indonesia yang akhirnya kembali ke arena, karena amanat dari Markis Kido.

Diketahui, Pia Zebadiah Bernadet adalah adik dari dua eks pebulutangkis nasional Indonesia, Markis Kido dan Bona Septano. Ketiganya memiliki prestasi membanggakan.

Pia Zebadiah pernah mencapai ranking 6 ganda putri terbaik dunia, saat ber-partner dengan Rizki Amelia Pradipta di tahun 2013.

Pia juga pernah menduduki peringkat 8 di sektor ganda campuran terbaik dunia, saat berpasangan dengan Markis Kido (alm).

Pencapaian itu tentu ia dapat karena bisa memenangkan banyak kejuaraan, termasuk Vietnam Open 2012, Chinese Taipei Open 2012, Thailand Open 2013, dan banyak lagi.

Setelah menikah, Pia Zebadiah vakum dari turnamen. Ajang terakhir yang ia ikuti ialah Premier Badminton League (PBL) di India, pada Februari 2020, sebelum pandemi.

Pia Zebadiah memilih untuk meneruskan bisnis kue, sembari mengasuh anaknya. Namun, baru-baru ini ia kembali ke arena. Bukan sebagai pemain, tapi sebagai pelatih.

"Sekarang ini, mulai bulan Maret saya melatih di Gideon Badminton Academy. Saya sudah jadi pelatih, untuk comeback kayaknya jangan berharap," ungkap Pia.

"Untuk jadi pelatih, awalnya saya sih nggak ada angan-angan. Kalau melatih kan harus ninggalin keluarga, kan ngapain, mending di rumah aja," curhatnya di program Close Up.

"Kedua, saya melihat almarhum (Markis Kido) melatih, dia cerita-cerita, rempong banget. Dia ngelatih sepuluh, saya satu anak aja kepala rasanya mau pecah."