Baru Terkuak, Pelatih Bulutangkis Indonesia yang 'Terasing' di Malaysia Kini Melatih di Singapura

Senin, 26 September 2022 10:36 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Instagram@paulusfirman69
Pelatih bulutangkis Malaysia, Paulus Firman. Foto: Instagram@paulusfirman69 Copyright: © Instagram@paulusfirman69
Pelatih bulutangkis Malaysia, Paulus Firman. Foto: Instagram@paulusfirman69

INDOSPORT.COM - Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Paulus Firman, akhirnya mengabarkan kalau ia kini bergabung dengan tim nasional Singapura.

Titik terang akhirnya muncul setelah beberapa waktu lalu, nasibnya tidak jelas usai tak memperpanjang kontrak di Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

“Butuh waktu bagi saya untuk mengumumkan karena saya harus memastikan segalanya siap terlebih dulu,” tuturnya kepada Timesport.

“Saya butuh waktu libur setelah Malaysia untuk membereskan urusan keluarga di rumah (Indonesia) dan sekarang saya akhirnya bisa mengkonfirmasi bahwa saya bergabung ke tim nasional Singapura.” 

Di Negeri Singa, Paulus Firman meneken kontrak selama dua tahun. Target utamanya adalah membawa pasangan ganda Singapura melaju ke Olimpiade Paris 2024.

“Saya resmi melatih minggu lalu dan akan dibantu Lim Pek Siah (mantan pelatih ganda putri BAM),” jelasnya lagi.

Paulus Firman pertama kali bergabung ke BAM sebagai pelatih ganda putra pada tahun 2013 lalu. Namun 10 bulan kemudian, ia hengkang untuk melatih di Filipina.

Ia lalu kembali ke Malaysia untuk kedua kalinya pada 2018 sebagai pelatih ganda putra. Namun secara mengejutkan, dua tahun kemudian ia pindah ke sektor ganda campuran.

Padahal, ia dinilai sukses mengasuh Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani.

Atas dasar hal itu, Paulus yang kurang suka dengan perubahan ini akhirnya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan BAM pada April lalu.