In-depth

3 Momen Spesial Indonesia Sepanjang Sejarah Denmark Open: Warisan Para Legenda

Selasa, 4 Oktober 2022 20:31 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Jelang Denmark Open 2022, mari melihat sejenak sepak terjang Indonesia di ajang bulutangkis ini sepanjang sejarah. Foto: Lars Ronbog/FrontZoneSport via Getty Images. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Jelang Denmark Open 2022, mari melihat sejenak sepak terjang Indonesia di ajang bulutangkis ini sepanjang sejarah. Foto: Lars Ronbog/FrontZoneSport via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jelang Denmark Open 2022, mari melihat sejenak sepak terjang Indonesia di ajang bulutangkis ini sepanjang sejarah.

Sejak pertama digelar pada tahun 1936, turnamen bulutangkis tertua kedua di dunia ini sudah menelurkan banyak juara yang berasal dari berbagai negara.

Bahkan, tuan rumah sempat sangat mendominasi daftar juara melalui pemain-pemain seperti Tonny Olsen, Jon Holst-Christensen, dan masih banyak lagi.

Lalu ada legenda lainnya macam Poul-Erik Hoyer Larsen, Peter Gade, dan Camilla Martin, ketika pada masa sekarang Denmark sudah memiliki generasi penerus yang hebat dalam diri Viktor Axelsen dkk.

Bahkan, Viktor Axelsen bersama Anders Antonsen sukses mengharumkan nama tuan rumah di dua gelaran teranyar Denmark Open (2021 dan 2020).

Sepak Terjang Indonesia di Denmark Open

Meski begitu, Indonesia juga cukup mencatatkan namanya saat berlaga di turnamen yang sekarang berstatus Super 750 ini. Untuk mengetahuinya, mari melihat sekilas ke belakang, di mana ada sejumlah legenda bulutangkis yang pernah berjaya di sana.

Momen pertama adalah Rudy Hartono yang menjadi supremasi bulutangkis Indonesia pada era tahun 1970-an dan berjaya di tiga edisi Denmark Open.

Ia mencatatkan tiga kali juara tunggal putra masing-masing di gelaran Denmark Open 1970-1971, 1972-1973, dan 1974-1975.

Catatan ini sekaligus membuat Rudy Hartono digdaya sebagai tunggal putra tersukses Indonesia di Denmark Open.

Setelah legenda bulutangkis yang satu ini, tidak ada pemain dari Tanah Air yang bisa menjadi juara tunggal putra di Denmark Open sampai tiga kali.