Sedang di Episode Kelam, Kento Momota Disebut Hiatus Sampai Akhir 2022

Minggu, 9 Oktober 2022 16:42 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Naomi Baker/Getty Images
Sedang berada di episode kelam kariernya, baru-baru ini tunggal putra Jepang, Kento Momota, disebut bakal hiatus atau rehat dari kompetisi sampai akhir 2022. Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Sedang berada di episode kelam kariernya, baru-baru ini tunggal putra Jepang, Kento Momota, disebut bakal hiatus atau rehat dari kompetisi sampai akhir 2022.

INDOSPORT.COM –  Sedang berada di episode kelam kariernya, baru-baru ini tunggal putra Jepang, Kento Momota, disebut bakal hiatus atau rehat dari kompetisi sampai akhir 2022.

Sudah bukan rahasia jika Kento Momota yang dijuluki ‘paduka’ oleh badminton lovers Indonesia, merupakan salah satu tunggal putra terbaik asal Jepang.

Gaya bermainnya yang khas dan pantang menyerah, membuat Momota meraih beragam gelar prestisius seperti dua kali gelar sebagai juara dunia BWF (2018,2019).

Hingga akhirnya nama Kento Momota masuk ke dalam Guinness Book of World Records untuk ‘gelar tunggal  putra bulutangkis terbanyak dalam satu musim’ pada 2019.

Momota juga pernah menempati ranking satu BWF sejak 27 September 2018 sebelum akhirnya lengser di akhir tahun 2021 oleh pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen.

Anjloknya ranking Momota ditenggarai banyak faktor, utamanya karena mental yang terganggu pasca atlet badminton berusia 28 tahun itu terlibat kecelakaan nahas di Malaysia pada Januari 2020.

Pada tahun 2022,  sebagai tunggal putra ranking tujuh BWF, Kento Momota gagal meraih gelar juara dalam 12 turnamen bulutangkis.

Tragisnya, dari 12 turnamen tersebut, delapan turnamen di antaranya mencatat Kento Momota terdepak di babak 32 besar.

Buruknya performa Momota disinyalir membuat Kento Momota memutuskan mundur dari Denmark Open 2022 (18-23 Oktober) dan French Open 2022 (25-30 Oktober).

Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA) sudah resmi mengumumkan pengunduran diri Kento Momtoa dari dua turnamen bulutangkis Super 750 itu.