Kota Malang Kembali Dipercaya Gelar Indonesia Masters Super Series 100

Selasa, 18 Oktober 2022 09:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Arena Mansion Sports Malang International Indonesia Challenge di GOR Platinum Araya Malang yang memasuki babak 8 besar. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Arena Mansion Sports Malang International Indonesia Challenge di GOR Platinum Araya Malang yang memasuki babak 8 besar.

INDOSPORT.COM - Gairah publik bulutangkis di Malang akan kembali meninggi seiring digelarnya even paling bergengsi, yakni Indonesia Masters Super Series 100.

Indonesia Masters 2022  merupakan lanjutan dari even Mansion Sports Malang International Indonesia Challange yang baru rampung pada Minggu (16/10/22) lalu.

Hanya berselang dua hari, GOR Platinum Arena yang terletak di kawasan perumahan elit Kota Malang kembali bergemuruh mulai Selasa (18/10/22) sampai Minggu (23/10/22) mendatang.

Indonesia Masters 2022 menghadirkan para atlet bulutangkis berlevel dunia dengan peringkat dunia tertinggi untuk berburu poin selama lima hari gelaran turnamen.

"Turnamen ini adalah even dibawah naungan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Turnamen ini berada pada level 6 seri BWF World Tour Super 100," ucap Ketua Panpel, Armand Darmadji dalam press conferrence Senin (17/10/22).

"Kedudukannya lebih tinggi dibanding International Indonesia Challenge (IIC) kemarin. Baik prize money maupun poin rangking BWF, turnamen ini jauh lebih besar," sambung dia.

Jika pada even IIC menyediakan hadiah total senilai 15 ribu Dollar AS, namun untuk Indonesia Masters tahun ini berhadiah total 81 ribu Dollar AS (sekitar Rp1,2 Miliar jika kurs 1 Dollar AS adalah Rp15 ribu).

Untuk masing-masing juara kategori putra dan putri, hadiah yang bakal digelontorkan adalah 6.075 Dollar AS alias lebih dari Rp91 juta.

Sedangkan pada penyediaan poin, atlet yang meraih trofi juara bisa menambah sampai 5.500 poin, sementara IIC memberikan 4.000 poin.

Sebelumnya, Indonesia Masters juga pernah berlangsung di Kota Malang. GOR Cakrawala Universitas Negeri Malang menghelatnya pada 2015 lalu, sedangkan pada 2019 bertempat di GOR Ken Arok.