In-depth

Termasuk Susy Susanti, 4 Pebulutangkis Indonesia Pernah Ketiban Sial di French Open

Selasa, 25 Oktober 2022 11:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© AFP-IOP/AFP/Getty Images
Susy Susanti pada laga Olimpiade semifinal melawan Korea Selatan Bang Soo-Hyun pada (30 Juli 1992). Atlet Indonesia ini pernah ketiban sial di French Open. Copyright: © AFP-IOP/AFP/Getty Images
Susy Susanti pada laga Olimpiade semifinal melawan Korea Selatan Bang Soo-Hyun pada (30 Juli 1992). Atlet Indonesia ini pernah ketiban sial di French Open.

INDOSPORT.COM - Termasuk Susy Susanti, berikut adalah pebulutangkis yang pernah ketiban sial di French Open, turnamen level Super 750 yang akan segera dihelat lagi.

Turnamen bulutangkis French Open 2022 akan dilangsungkan mulai hari ini, Selasa (25/10/22) sore, yang mengambil tempat di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis.

Indonesia mengirim 15 wakil terbaiknya ke French Open 2022, dengan target medali emas dari sektor unggulan, ganda putra.

Meskipun dalam sejarahnya, ada beberapa pebulutangkis Indonesia yang berhasil jadi juara di French Open, namun ada pula para pemain yang ketiban sial di turnamen ini.

Berikut INDOSPORT.com merangkum empat pemain bulutangkis Indonesia yang pernah ketiban sial di turnamen French Open.

1. Susy Susanti

Bertanding di turnamen French Open 1988, legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti blak-blakan pernah sengaja mengalah.

Cerita berawal ketika Susy Susanti berhasil menjuarai kejuaraan dunia junior beruntun, tahun 1987-1988. Prestasi itu membuatnya dapat kepercayaan tampil di French Open 1988.

Walau baru merintis di turnamen level atas, tetapi Susy Susanti berhasil menaklukkan para pemain top dunia dan melenggang ke semifinal. Namun, pemain Pelatnas justru membuat fokusnya buyar saat di Prancis.

"Saat itu, saya bisa mengatasi beberapa pemain senior, saya menembus 8 besar."

"Saya mungkin harusnya sudah menang, tetapi mereka dari tribun sudah teriak, 'Susy besok kita mau ke Lourdes, kalau menang kamu ditinggal sendiri'," kenang Susy Susanti dalam Youtube Daniel Mananta.

Alhasil, Susy sengaja mengalah di semifinal French Open, agar bisa pergi ke Lourdes, tempat yang sangat ingin ia kunjungi. Itu menjadi cerita yang tak pernah ia lupakan.