Menerjang Cedera di Hylo Open 2022, Bisakah Jonatan Christie Patahkan Kutukan?

Senin, 31 Oktober 2022 18:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Hylo Open sepertinya menjadi turnamen yang perlu ditaklukkan bagi tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, yang belum pernah bisa meraih podium juara di sana. Copyright: © PBSI
Hylo Open sepertinya menjadi turnamen yang perlu ditaklukkan bagi tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, yang belum pernah bisa meraih podium juara di sana.

INDOSPORT.COM – Hylo Open sepertinya menjadi turnamen yang perlu ditaklukkan bagi tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, yang belum pernah bisa meraih podium juara di sana.

Hylo Open sebelumnya dikenal dengan nama BMW Badminton Cup, BMW Open, Bitburger Masters, dan SaarLorLux Open. Turnamen pertama kali diadakan pada 1988.

Pada tahun 2018, turnamen bulutangkis ini menjadi bagian dari BWF World Tour Super 100. Kemudian pada tahun 2021, turnamen ditingkatkan menjadi  kategori Super 300.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang cukup sukses dalam partisipasinya di ajang Hylo Open. Dilansir dari BWF, Indonesia menjadi negara kelima tersukses di Hylo Open dengan total delapan gelar juara.

Rinciannya adalah empat gelar tunggal putra, satu gelar tunggal putri,  2,5 gelar ganda putra (gado-gado), dan 0,5 gelar ganda putri (gado-gado),

Sebagai sektor yang menyumbang gelar juara terbanyak Hylo Open, Sayangnya Jonatan Christie belum sekali pun menambah pencapaian yang ditorehkan para pendahulunya, yaitu Yoseph Phoa dan Hargiono.

Hal itu lantaran Jonatan Christie dari tahun 2016-2021 selalu absen berpartisipasi di Hylo Open. Alasannya beragam. Tahun 2021 kemarin, Jonatan Christie absen di Hylo Open karena cedera.

Pada Hylo Open 2022 pun sebenarnya Jonatan Christie sedang dilanda cedera pergelangan kaki saat berhadapan dengan Kodai Naraoka di babak perempat final Denmark Open 2022, Jumat (28/10/22).

Akibatnya, kondisi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ranking tujuh dunia itu cukup diragukan untuk tampil di turnamen terdekat pada 1-6 November, yaitu Hylo Open 2022.

Hanya saja, dalam sebuah rilis resmi PBSI, Jonatan Christie, memberikan pernyataan menggantung yang menyiratkan keinginan besarnya untuk tampil di turnamen bulutangkis Super 750 tersebut.