In-depth

Nyesek! Inilah Daftar Orang Terakhir dari Indonesia yang Menjuarai Hylo Open

Senin, 31 Oktober 2022 08:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Dokumen Pribadi Maria Febe
Maria Febe ketika aktif bermain bulutangkis. Copyright: © Dokumen Pribadi Maria Febe
Maria Febe ketika aktif bermain bulutangkis.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah daftar orang-orang terakhir dari Indonesia yang menjuarai turnamen Hylo Open, salah satu ajang bulutangkis terbesar di Benua Eropa.

Sebagai negara adidaya dalam olahraga bulutangkis, cukup miris saat mengetahui bahwa tak banyak wakil Indonesia yang bisa menjuarai ajang yang dihelat di Jerman itu.

Hylo Open beberapa kali berganti nama, mulai BMW Badminton Cup, BMW Open, Bitburger Masters, Bitburger Open, lalu SaarLorLux Open, dan kini jadi Hylo Open.

Sejak pertama kali digelar di tahun 1988, tak banyak wakil Indonesia yang bisa menjuarai Hylo Open. Hanya delapan medali yang bisa diraih oleh wakil Merah Putih di Jerman.

Berikut INDOSPORT mengulas orang-orang terakhir dari Indonesia yang bisa menjuarai Hylo Open, dikupas dari setiap sektor.

Tunggal Putri: Maria Febe Kusumastuti

Indonesia beruntung memiliki pebulutangkis tunggal putri yang tangguh, tak hanya jago bermain di Asia, tetapi juga piawai di Eropa.

Ia adalah Maria Febe Kusumastuti, tunggal putri Indonesia terakhir yang bisa menyabet medali emas di Hylo Open 2008, yang kala itu masih dikenal sebagai Bitburger Open.

Kemenangan itu akhirnya membuat Maria meraih prestasi demi prestasi pada tahun berikutnya, salah satunya medali perunggu di Piala Uber 2010 dan Asian Games 2010.

Namun, setelah era Maria Febe, belum ada lagi wakil tunggal putri Indonesia yang bisa menjuarai Hylo Open. Tahun ini, Indonesia hanya mengirim Gregoria Mariska Tunjung.

Apakah Gregoria mampu membayarkan kepercayaan itu dengan medali emas Hylo Open, atau justru memperpanjang rekor puasa gelar tunggal putri Indonesia?