Fu Haifeng, Ganda Putra Terakhir China yang Disegani Dunia, Benarkah Berdarah Indonesia?

Rabu, 2 November 2022 13:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Ganda putra China, Cai Yun/Fu Haifeng. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Ganda putra China, Cai Yun/Fu Haifeng.

INDOSPORT.COM - Fu Haifeng merupakan ganda putra China terakhir yang disegani di level dunia. Benarkah peraih dua medali emas olimpiade itu berdarah Indonesia?

Diketahui, jika membahas kejayaan di sektor bulutangkis ganda putra, seluruh dunia akan menatap Indonesia yang memiliki potensi tak ada habisnya.

Beda halnya dengan China, meskipun memiliki potensi di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, hingga ganda campuran, tapi ganda putranya melempem.

Pasangan ganda putra terakhir China yang disegani di level dunia adalah Cai Yun/Fu Haifeng. Mereka berjaya di era 2000-an.

Konon, kegemilangan Fu Haifeng tak lepas dari hubungannya dengan Indonesia. Tapi, apakah benar ia memiliki darah Indonesia?

Berikut INDOSPORT merangkum sejumlah fakta mencengangkan Fu Haifeng, yang dirumorkan sebagai keturunan Indonesia.

Hattrick Olimpiade, 2 Medali Emas

Fu Haifeng adalah satu-satunya pemain bulutangkis ganda yang bisa mencatatkan hattrick ke tiga final Olimpiade, mulai dari Olimpiade 2008, 2012, hingga 2016.

Pada Olimpiade 2008, Cai Yun/Fu Haifeng harus puas meraih medali perak. Mereka kalah dari wakil Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan di angka 21-12, 11-21, 16-21.

Beranjak ke Olimpiade 2012 Cai Yun/Fu Haifeng akhirnya bisa meraih medali emas. Berlanjut ke  2016, Fu Haifeng kembali meraih emas, kali ini bersama Zhang Nan.

Setahun pasca-memenangi Olimpiade 2016, Fu Haifeng pun memutuskan pensiun. Sejak saat itu, sektor ganda putra China mengalami masa-masa kritis sampai kini.