In-depth

5 Atlet Tunggal Putra Dunia yang Hengkang dari Pelatnas, Teranyar Ada Wonderkid Thailand

Selasa, 8 November 2022 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia memutuskan hengkang dari Pelatnas. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia memutuskan hengkang dari Pelatnas.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah lima pebulutangkis tunggal putra di level dunia, yang memutuskan hengkang dari Pelatnas. Beberapa pemain datang dari Indonesia.

Keputusan pemain bulutangkis untuk keluar dari Pelatnas dan jadi pemain profesional bukan hal yang baru. Beberapa pemain Indonesia juga pernah melakukannya.

Sebut saja Taufik Hidayat, Markis Kido, Hendra Setiawan, Marcus Fernaldi Gideon, dan lain-lain. Kebanyakan adalah pemain ganda, tetapi ada juga pemain tunggal.

Berikut INDOSPORT merangkum lima pebulutangkis tunggal putra yang memilih hengkang dari Pelatnas masing-masing.

1. Lee Zii Jia

Pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia memutuskan hengkang dari Pelatnas pada awal tahun 2022 lalu. Ia mengaku jika tekanan dari Pelatnas terlalu berat baginya.

"Saya merasa bahwa alasan pertama saya memilih menjadi profesional adalah kondisi internal di Pelatnas (Malaysia)," kata Zii Jia.

"Rasanya saya tak bisa mengatasi tekanan yang diberikan pada saya. Itulah mengapa saya mengambil keputusan besar tersebut."

2. Viktor Axelsen

Pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia, Viktor Axelsen juga memutuskan mundur dari binaan Pelatnas Denmark, sejak pertengahan tahun 2021 lalu.

Namun, bukan karena konflik, tetapi Viktor mempertimbangkan kesehatannya yang tak maksimal selama di Denmark. Ia pun pindah ke Dubai dan bisa berlatih dengan nyaman.

"Tempat ini (Dubai) memberi saya waktu perjalanan yang jauh lebih singkat dan pemulihan yang lebih baik ketika sering berpergian ke Asia," kata Viktor Axelsen.

"Asma dan rhinitis alergi dapat mengurangi kapasitas paru-paru hingga 15-20 persen saat musim panas di Denmark," imbuhnya.