Tegaskan Hasil Final Ginting vs Chou Tien Chen Tak Berubah, BWF Digeruduk Netizen

Rabu, 9 November 2022 14:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
BWF menerima pesan menohok dari netizen usai menegaskan bahwa hasil final Hylo Open 2022 antara Anthony Sinisuka Ginting dan Chou Tien Chen tidak berubah. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
BWF menerima pesan menohok dari netizen usai menegaskan bahwa hasil final Hylo Open 2022 antara Anthony Sinisuka Ginting dan Chou Tien Chen tidak berubah. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menerima rentetan pesan menohok dari netizen usai menegaskan bahwa hasil final Hylo Open 2022 antara Anthony Sinisuka Ginting dan Chou Tien Chen tidak berubah.

Pada Selasa (8/11/22), BWF buka suara terkait kontroversi keputusan wasit di final tunggal putra Hylo Open 2022 antara Anthony Sinisuka Ginting dan Chou Tien Chen.

Anthony Sinisuka Ginting memenangkan laga tersebut untuk meraih gelar juara usai menaklukkan Chou dalam tiga set 18-21, 21-11 dan 24-22.

Pada saat deuce 22-22 di set ketiga, wasit menyatakan pukulan Chou Tien Chen fault karena shuttlecock dianggap lebih dulu menyentuh tanah.

Chou sempat melakukan protes keras di tengah lapangan, namun wasit bersikeras pada keputusannya yang berujung pada kekalahan atas Ginting.

BWF melalui pernyataan resmi menyatakan bahwa hasil final tersebut tidak akan berubah dan pihaknya tetap mendukung apa pun keputusan wasit meski terbukti melakukan kesalahan.

Bukan hanya itu, BWF juga menegaskan bahwa wasit tidak bisa mengubah keputusan mereka berdasarkan fakta yang terjadi meskipun ada kesalahan saat membuat keputusan tersebut.

Artinya, keputusan wasit di pertandingan sudah final alias tidak bisa diganggu gugat atau diubah lagi.

“BWF percaya bahwa semua wasit berusaha untuk membuat panggilan terbaik yang bisa dia lakukan secara real time,” lanjut BWF.

“Namun, bahkan jika kesalahan kadang-kadang terjadi, wasit tidak dapat mencabut keputusan wasit berdasarkan fakta dan keputusan wasit dianggap final,” tandas BWF.

Namun demikian, pernyataan tegas BWF ini mendapatkan komentar negatif dari netizen. Beberapa BL menuntut kata ‘minta maaf’ dari BWF atas kejadian yang menimpa Chou Tien Chen.