‘Nganggur’ di BWF World Tour Finals 2022, Pelatih Hendrawan Bongkar Nasib Ditinggal Lee Zii Jia

Jumat, 11 November 2022 00:55 WIB
Penulis: Miranti, Ammara Marthiara | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© bwfworldtour.bwfbadminton
Atletnya tak lolos BWF World Tour Finals 2022, pelatih Malaysia  asal Indonesia, Hendrawan, singgung nasib usai ditinggal Lee Zii Jia hengkang pelatnas BAM. Copyright: © bwfworldtour.bwfbadminton
Atletnya tak lolos BWF World Tour Finals 2022, pelatih Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, singgung nasib usai ditinggal Lee Zii Jia hengkang pelatnas BAM.

INDOSPORT.COM – Atletnya tak lolos BWF World Tour Finals 2022, pelatih Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, singgung nasib usai ditinggal Lee Zii Jia hengkang pelatnas BAM.

BWF World Tour Finals 2022 merupakan turnamen penutup musim 2022 yang akan digelar Desember mendatang di Guangzhou, China.

Ajang tahunan ini hanya akan diikuti delapan pebulutangkis teratas dengan jumlah poin terbanyak di lima sektor berbeda pada klasemen BWF World Tour Finals (Race to Guangzhou).

Lee Zii Jia menjadi satu-satunya tunggal putra Malaysia yang masih berpeluang tampil di BWF World Tour Finals 2022 dengan sejumlah syarat memberatkan.

Jika ingin tampil di turnamen akhir musim, Lee Zii Jia diharuskan setidaknya mencapai semifinal turnamen bulutangkis Australian Open 2022 pada 15-20 November mendatang.

Atau Lee Zii Jia bisa mencapai perempat final namun pesaing terdekatnya, yaitu Loh Kean Yew (Singapura) dan Lu Guang Zu (China) harus tidak lolos ke babak kedua Australian Open 2022.

Dari situasi tersebut, meski nantinya Lee Zii Jia bisa tampil di BWF World Tour Finals 2022, namun pelatih Hendrawan pun tetap tidak akan bisa ikut mendampingi di ajang itu.

Hal itu lantaran status Lee Zii Jia yang sudah bukan lagi anak didiknya sejak keputusan sang atlet hengkang dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada 11 Januari 2022.

“Kalau pertanyaan soal BWF World Tour Finals, saya kan jaga single, jadi single gak ada yang ikut karena kan dulunya ada Lee Zii Jia,” ujar Hendrawan kepada media termasuk INDOSPORT.com.

“Tapi, kan Lee Zii Jia sudah keluar dari national team, dia kan sudah independent. Jadi dia bukan under BAM, sedangkan saya kan under BAM,” sambung Hendrawan.