Bahas Rising Star di BWF World Tour Finals, BWF Tak Sebut Nama Gregoria, Batal Lolos?

Kamis, 24 November 2022 12:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Bahas Rising Star di BWF World Tour Finals, BWF tak sebut nama Gregoria Mariska, (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Bahas Rising Star di BWF World Tour Finals, BWF tak sebut nama Gregoria Mariska, (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyoroti pebulu tangkis berlabel ‘rising star’ siap menantang BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember mendatang.

Namun demikian, BWF tidak menyebut satu pun nama Gregoria Mariska yang baru saja jadi runner-up Australian Open 2022. Gregoria berpeluang tampil karena berstatus pemain cadangan pertama di tunggal putri.  

Pada Selasa (22/11/22) kemarin, BWF telah resmi merilis nama-nama pemain yang masuk dalam daftar kualifikasi BWF World Tour Finals 2022.

Mereka adalah delapan pemain teratas dalam peringkat World Tour 2022, dengan maksimal dua pemain per negara di masing-masing lima kategori yang dimainkan.

Di antara nama-nama yang diundang, terdapat beberapa pebulu tangkis yang sedang naik daun dan akan menjalani debutnya di turnamen penutup musim kali ini.

Kodai Naraoka dari Jepang, Zhang Shu Xian/Zheng Yu dari China dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dari Thailand, termasuk nama yang dibahas BWF berkat penampilan luar biasa mereka musim ini.

Kodai Naraoka, yang berusia 21 tahun telah menjuarai Vietnam Open tahun ini. Dia juga mencapai tiga final dan empat semifinal, membuatnya menduduki posisi kelima di ranking World Tour 2022.

Namun demikian, BWF mengecualikan kemunculan ‘rising star’ dari sektor tunggal putri. Pasalnya, sektor ini sudah diisi delapan pemain yang sudah mapan di peringkat teratas.

Sebut saja juara Olimpiade Tokyo 2020 asal China, Chen Yu Fei, yang mencapai tujuh final tahun ini.

Dia akan memimpin tim bertabur bintang yang terdiri dari Tai Tzu Ying, He Bing Jiao, An Se Young, Pusarla V Sindhu, Ratchanok Intanon, Busanan Ongbamrungphan dan juara dunia Akane Yamaguchi.