In-depth

Terlalu Alien! Menakar Peluang Viktor Axelsen Terjungkal di BWF World Tour Finals

Rabu, 7 Desember 2022 13:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Di antara tunggal putra yang beraksi di BWF World Tour Finals, Viktor Axelsen dianggap pemain paling alien. Namun mungkinkah dominasinya tersebut berakhir? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Di antara tunggal putra yang beraksi di BWF World Tour Finals, Viktor Axelsen dianggap pemain paling alien. Namun mungkinkah dominasinya tersebut berakhir?

INDOSPORT.COM – Di antara tunggal putra yang beraksi di BWF World Tour Finals 2022, Viktor Axelsen dianggap pemain paling alien. Namun mungkinkah dominasinya tersebut berakhir di Bangkok pekan ini?

Turnamen bulutangkis penutup musim bertajuk BWF World Tour Finals 2022 dijadwalkan digelar di Nimibutr, Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember.

Pada Senin (5/12/22) malam WIB, BWF telah merilis drawing grup untuk para peserta kualifikasi di lima sektor yang dipertandingkan.

Lima sektor yang dihuni delapan peserta kualifikasi akan dibagi ke dalam dua grup dan akan bertanding dengan sistem round robin. Nantinya hanya dua teratas di grup yang akan lolos ke fase gugur.

Viktor Axelsen yang berstatus unggulan pertama di sektor tunggal putra berada di Grup A. Pemain asal Denmark ini akan menantang tiga pemain lain yakni HS Prannoy, Kodai Naraoka, dan Lu Guang Zu.

Jika dibandingkan dengan ketiga pemain tersebut, Viktor Axelsen memiliki statistik performa yang nyaris sempurna.

Selama periode kualifikasi dari 1 November 2021 hingga 31 Oktober 2022, Axelsen telah memenangkan sembilan gelar juara, termasuk mahkota Kejuaraan Dunia keduanya.

Tak pelak, pebulutangkis berusia 28 tahun ini pun berhak menyabet penghargaan Pemain Terbaik Pria BWF Tahun ini karena menyapu gelar di hampir semua turnamen yang diikutinya.

Melansir Badminton Talk, Axelsen memiliki rasio kemenangan mencapai 94,1 persen. Dirinya mencatat 32 kemenangan dan dua kekalahan dari 34 penampilannya sejauh musim ini.

Di BWF World Tour Finals 2022, Axelsen akan membuka kiprahnya dengan menghadapi pemain kuda hitam asal China, Lu Guang Zu pada Rabu (07/12/22).

Axelsen jelas punya peluang untuk memenangi pertandingan pertamanya. Di atas kertas, Axelsen juga punya kans lolos dari babak penyisihan grup.

Namun bukan tidak mungkin Axelsen terhenti di babak berikutnya jika bertemu dengan lawan yang mampu menemukan kelemahannya di lapangan.