In-depth

4 Negara Pendobrak Bulutangkis Level Junior: Serbia Paling Mencengangkan

Selasa, 13 Desember 2022 16:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Andrew Matthews - EMPICS/PA Images via Getty Images
Sebanyak empat negara menjadi pendobrak bulutangkis di level junior, termasuk atlet Serbia Andjela Vitman yang memuncaki ranking pertama sektor ganda campuran. Copyright: © Andrew Matthews - EMPICS/PA Images via Getty Images
Sebanyak empat negara menjadi pendobrak bulutangkis di level junior, termasuk atlet Serbia Andjela Vitman yang memuncaki ranking pertama sektor ganda campuran.

INDOSPORT.COM – Sebanyak empat negara menjadi pendobrak bulutangkis di level junior, termasuk atlet Serbia Andjela Vitman yang memuncaki ranking pertama sektor ganda campuran.

Selain Serbia yang memiliki Andjela Vitman, negara kuda hitam Estonia juga memiliki atlet Tauri Kilk, Alex Lanier dari negara Prancis, serta Prince Dahal dari Nepal.

Tiga negara ‘kuda hitam’ itu tersebut sukses mengobrak-abrik tatanan kekuatan bulutangkis yang selama ini didominasi negara tertentu, seperti Indonesia, China, Denmark, dan Korea Selatan.

Mari meniliki satu per satu profil empat atlet bulutangkis junior dari negara kuda hitam penguasa ranking  BWF per Selasa (13/12/22).

1. Andjela Vitman (Serbia)

Serbia menjadi negara pertama yang mendobrak bulutangkis level junior melalui salah satu atletnya di sektor ganda campuran, Andjela Vitman.

Atlet putri berusia 17 tahun itu saat ini memuncaki ranking satu ganda campuran BWF per  (13/12/22) dengan raihan 14.330 poin.

Andjela Vitman sukses mengangkangi pebulutangkis asal Denmark, Hjalte Johansen dan Emma Irring Brauner yang menempati ranking dua dunia.

Bahkan pebulutangkis Indonesia, Marwan Faza harus puas di peringkat sembilan ranking terbaru BWF yang dirilis pada hari ini.

Andjela Vitman muncul di antara minimnya generasi muda lain di Serbia yang condong menyukai olahraga lain seperti tenis.

Alhasil, Andjela Vitman diharapkan menjadi jadi sinar terang bagi Serbia untuk menggondol gelar prestisius bulutangkis di masa depan.