In-depth

Kento Momota, Sang Raja 'Hilang' yang Sedang Dinanti Kembali

Selasa, 13 Desember 2022 12:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Naomi Baker/Getty Images
Gagal menggenggam satu pun gelar pada 2022 hingga memutuskan rehat sejenak sampai akhir tahun, comebacknya paduka Kento Momota begitu membuat rindu. Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Gagal menggenggam satu pun gelar pada 2022 hingga memutuskan rehat sejenak sampai akhir tahun, comebacknya paduka Kento Momota begitu membuat rindu.

INDOSPORT.COM – Gagal menggenggam satu pun gelar pada 2022 hingga memutuskan rehat sejenak sampai akhir tahun, comebacknya paduka Kento Momota begitu membuat rindu.

Kento Momota, penguasa ranking satu dunia pada 2018 yang lengser sejak akhir Desember 2021 tersebut, saat ini sedang dalam fase terjal kariernya sebagai pebulutangkis.

Banyak faktor yang ditenggarai sebagai alasan mengapa Kento Momota begitu mudah lengser dari tahtanya yang dia kuasai sejak tahun 2018 lalu.

Salah satunya karena mental yang terganggu usai atlet badminton berusia 28 tahun itu terlibat kecelakaan nahas di Malaysia pada Januari 2020.

Pada tahun 2022,  sebagai tunggal putra top dunia, Kento Momota gagal meraih gelar juara dalam 12 turnamen bulutangkis.

Mirisnya, dari 12 turnamen yang diikuti tersebut, delapan di antaranya mencatat Kento Momota terdepak di babak awal atau 32 besar.

Hal itu sangat berbanding terbalik dengan keperkasaan Kento Momota sebelum kecelakaan, di mana dia menapaki tujuh final BWF World Tour 2018 dan sepuluh final BWF World Tour 2019.

Buruknya performa tersebut, disinyalir membuat Kento Momota memutuskan untuk mengakhiri misinya lebih cepat pada tahun ini.

Tunggal putra Jepang itu menarik diri dari partisipasinya di turnamen bulutangkis Super 750 yakni Denmark Open (18-23 Oktober) dan French Open (25-30 Oktober).

Pada sisi lain, pengunduran diri Kento Momota itu langsung menarik atensi badminton lovers. Tak sedikit yang khawatir tentang kemungkinan sang idola akan pensiun.