Piala Dunia 2022

Apa Kabar Big Four Kings? Tak Jadi Pelatih, Taufik Hidayat Pilih Jadi 'Kritikus' Anthony Ginting dkk

Rabu, 21 Desember 2022 15:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Era ‘Big Four Kings’ yang terdiri dari Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade pernah jadi cerita menarik pada masanya, bagaimana kabar mereka? Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Era ‘Big Four Kings’ yang terdiri dari Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade pernah jadi cerita menarik pada masanya, bagaimana kabar mereka?

INDOSPORT.COM – Kejayaan empat tunggal putra top ‘Big Four Kings’ yang terdiri dari Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade pernah jadi cerita menarik pada masanya. Bagaimana kabar mereka saat ini?

Prestasi serta sengitnya pertarungan empat pebulu tangkis tungal putra top dunia, Lin Dan, Lee Chong Wei, Taufik Hidayat dan Peter Gade membuat mereka terus dikenang.

Lin Dan menjadi member paling terakhir yang memutuskan pensiun pada 2020, di mana ini menandai lahirnya para tunggal putra dunia baru yang siap mengancam dunia.

Sementara member Big Four kings sendiri melanjutkan cerita hidup mereka masing-masing setela memutuskan gantung raket.

Satu anggota ada yang memutuskan jadi pelatih, namun ada juga member yang memilih menghabiskan sebagian besar waktunya bersama keluarga.

Menariknya, satu anggota lain sempat menjajal turnamen "tarkam" atau ajang hiburan menantang para pebulu tangkis amatir dan bukan dari kalangan non-atlet. Siapa dia?

1. Peter Gade

Peter Gade menjadi member Big Four Kings paling pertama yang memutuskan gantung raket. Tepatnya, legenda Denmark itu menutup buku perjalanan kariernya pada 2012.

Jika melihat dari raihan prestasi, Peter Gade memang lebih banyak meraih sukses di level turnamen tingkat regional Eropa. Sementara di level dunia, dirinya masih cukup tertinggal dari tiga pesaingnya itu.

Di antara member Big Four Kings lain, hanya Peter Gade yang memutuskan banting stir jadi pelatih. Dia bahkan membangun klub bulutangkis di negaranya bernama Peter Gade Academy.

Lewat akademi ini Peter Gade tercatat telah melatih para atlet dari berbagai negara, salah satunya adalah Kristin Kuuba dari Estonia.