Update Ranking BWF: Fajar/Rian dan Rinov Pitha Cetak Sejarah, Kevin/Marcus Terjun Bebas

Selasa, 27 Desember 2022 13:30 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2022. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Update resmi ranking BWF pada Selasa (27/12/22). Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil mencetak sejarah, sementara Kevin Sanjaya/Marcus Gideon hilang dari top 10.

Skuat Merah Putih berhasil mencatatkan sejarah dalam perilisan ranking BWF pekan iki. Salah satunya pada sektor ganda putra yang kembali merangkak ke posisi puncak.

Yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil mencatatkan tinta emas dengan nangkring di posisi puncak BWF, menggeser ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Beberapa pencapaian Fajar/Rian di musim ini adalah juara di Denmark Open, Malaysia Open, Indonesia Masters hingga Swiss Open 2022.

Selain Fajar/Rian, ganda putra Indonesia lainnya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan turut merangkak ke ranking 3 BWF usai menggusur ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Sementara itu, nasib kurang baik menghampiri Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang harus terjun bebas 15 strip ke ranking 23 BWF. Hal ini disebabkan penampilan yang kurang maksimal Kevin/Marcus di sepanjang musim ini.

Kendati demikian, Kevin/Marcus merupakan ganda putra dengan peringkat satu terlama di BWF dengan lebih dari 200 pekan selama empat tahun di posisi puncak.

Kevin/Marcus menduduki peringkat satu sejak Maret 2017 lalu. Namun, posisinya harus digeser Takuro Hoki/Yugo Kobayashi mulai September 2022.

Selain itu, catatan positif lainnya berasal dari sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dengan masuk ke top 10 di ranking 9 BWF.

Rinov/Pitha naik dua strip yang semula berada di ranking 11 BWF. Pasangan yang akrab dijuluk RiPit ini satu strip di atas ganda Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran.