Malaysia Open 2023: Gara-gara ‘Pelatih’ Lee Zii Jia Mundur, Jalan Axelsen Makin Mulus Raih Juara

Kamis, 12 Januari 2023 19:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis veteran Negeri Jiran, Liew Daren, memutuskan mundur di babak 16 besar, sehingga Viktor Axelsen makin mulus jalannya di Malaysia Open 2023.

Liew Daren merupakan tunggal putra Malaysia peringkat 31 dunia yang dikenal sebagai ‘pelatih’ Lee Zii Jia karena dirinya kerap sparring dan menjadi usai Lee Zii Jia mundur dari BAM.

Sementara itu, baik usai bukan lagi menjadi anggota pelatnas BAM, Liew Daren dan Lee Zii Jia mengikuti ajang Malaysia Open 2023 yang digelar di Axiata Arena, sebagai pemain independen.

Sayangnya, jalan mereka tak mulus di Malaysia Open 2023, Lee Zii Jia secara mengejutkan takluk dari tunggal putra Jepang yang baru naik daun, Kodai Naraoka.

Sementara Liew Daren tampil lebih baik usai mengalahkan Toma Junior Popov di babak pertama melalui rubber game ketat dengan skor 21-15, 14-21, 21-17.

Liew Daren dijadwalkan menghadapi Viktor Axelsen di babak kedua Malaysia Open 2023. Namun, pebulutangkis veteran ini mundur karena cedera.

Partner sparring Lee Zii Jia ini sudah dianda cedera ketika bertanding melawan Toma Junior Popov di babak pertama, dan dikabarkan Malaysia Open 2023 menjadi ajang terakhir bagi dirinya.

“Tidak ada gunanya bermain karena saya tidak bisa bergerak. Saya benar-benar kesakitan saat bermain, saya bahkan tidak bisa melompat karena bermain dengan satu kaki,” ungkap Liew Daren.

Sementar itu, dengan mundurnya Liew Daren, Viktor Axelsen semakin tak terhentikan untuk mempertahanan gelar juara di edisi sebelumnya.

Sebagai informasi, Viktor Axelsen berhasil naik podium tertinggi usai mengalahkan Kento Momota di Malaysia Open 2022 yang masih berada di level super 750.