Hakim Garis Malaysia Open 2023 Untungkan Tim Tuan Rumah, Rehan/Lisa: Kami Emosi!

Jumat, 13 Januari 2023 09:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hakim garis Malaysia Open 2023 dianggap menguntungkan pasangan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei tuan rumah  saat menghadapi Rehan/Lisa.

Sebagaimana diketahui, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus menghadapi ganda Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, pada babak 16 besar lalu.

Bermain di Axiata Arena Malaysia, Kamis (12/01/23), Rehan/Lisa akhirnya harus mengakui keunggulan lawan dengan kedudukan akhir 19-21, 16-21.

Padahal, Rehan/Lisa bisa saja bangkit pada babak kedua. Namun, hakim garis seolah berpihak pada tuan rumah dan melakukan penilaian yang keliru atas pendaratan bola.

Setidaknya ada dua momen hakim garis yang keliru, sehingga merugikan Rehan/Lisa.

Dari cuplikan video itu, nampak Rehan/Lisa sudah menjaga skor 12-13. Nahasnya, bola yang mestinya keluar arena milik Rehan/Lisa, dianggap masuk oleh hakim garis.

Kemudian, pukulan Rehan yang menyentuh garis tepi, justru dianggap keluar oleh hakim garis, sehingga poin untuk ganda Malaysia.

Lisa melakukan protes pada wasit, tetapi sang pengadil berpihak pada hakim garis. Ia menganggap bola keluar dari arena Jie/Wei.

Tak ada lagi yang bisa dilakukan oleh Rehan/Lisa. Mereka tidak bisa melakukan challenge karena berada di court 4, yang tidak dilengkapi dengan teknologi hawkeye.