Malaysia Open 2023: Eng Hian dan Dokter PBSI Ungkap Kondisi Cedera Siti Fadia, Seberapa Parah?

Sabtu, 14 Januari 2023 17:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, mengungkapkan kondisi cedera yang dialami Siti Fadia Silva Ramadhanti usai retired di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, mengungkapkan kondisi cedera yang dialami Siti Fadia Silva Ramadhanti usai retired di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, mengungkapkan kondisi cedera yang dialami anak didiknya, Siti Fadia Silva Ramadhanti hingga terpaksa retired dari semifinal Malaysia Open 2023.

Pasangan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil mencapai babak semifinal turnamen BWF World Tour Super 1000 Malaysia Open 2023.

Pasangan berperingkat 11 dunia ini ditantang andalan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, dalam laga yang digelar di Axiata Arena, Sabtu (14/01/23).

Apriyani/Fadia yang kalah unggul dalam head-to-head 1-3 dengan Chen/Jia  langsung kocar-kacir hingga kalah telak di gim pertama dengan skor 9-21.

Memasuki gim kedua, Apryani/Fadia terpaksa memutuskan retired lantaran Fadia sempat terjatuh dan mengalami cedera di bagian pergelangan kakinya. Mereka retired dengan skor 0-2.

Hasil ini membuat langkah Apriyani/Fadia terhenti sekaligus mengubu mimpi mempertahankan gelar juara Malaysia Open yang mereka menangkan tahun lalu.

Sementara Chen Qing Chen/Jia Yi Fan berhasil lolos ke babak pamungkas alias babak final Malaysia Open 2023 tanpa memeras banyak keringat.

Selepas pertandingan, Eng Hian selaku pelatih kepala ganda putri Indonesia, mengonfirmasi bahwa Fadia mengalami cedera engkel kaki kanan.

Cedera ini terjadi setelah gagal mengantisipasi pukulan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di awal babak kedua.

“Fadia mengalami cedera engkel kanan. Itu terjadi di awal gim kedua. Dia cedera karena salah antisipasi. Dia pun terpaksa mundur dari pertandingan,” ujar Eng Hian dalam keterangan resmi PBSI.

Menambahkan keterangan Eng Hian, dokter Ventinly Tan yang merupakan salah satu tim medis PBSI di Malaysia Open 2023 menjelaskan bahwa kondisi Fadia saat ini sudah agak mendingan.