Ganda Putra Indonesia Dominasi Gelar Juara di All England 10 Tahun Terakhir, Saatnya Fajar/Rian?

Rabu, 1 Februari 2023 11:38 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra Indonesia dominasi gelar juara di All England dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Fajar Alfian/Rian Ardianto memiliki kans besar untuk juara. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra Indonesia dominasi gelar juara di All England dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Fajar Alfian/Rian Ardianto memiliki kans besar untuk juara.

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia mendominasi gelar juara di All England dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Fajar Alfian/Rian Ardianto memiliki kans besar untuk juara di edisi 2023.

Turnamen bulutangkis paling prestigius level super 10000, All England 2023, kembali dihelat pada 14-19 Maret mendatang di Utilita Arena Birmingham, Inggris.

Tim bulutangkis Indonesia tentu menyiapkan strategi jitu untuk tampil maksimal dan menyegel gelar juara. Salah satunya adalah sektor ganda putra.

Ganda putra Indonesia memang tak dipungkiri dominasinya di beberapa turnamen bulutangkis. Buktinya, dalam dua ajang musim 2023, ganda putra Tanah Air berhasil menyabet gelar juara.

Yakni di Malaysia Open 2023, Fajar Alfian/Rian Ardianto berhasil emraih juara. Sementara di Indonesia Masters, Leo/Daniel mampu naik podium tertinggi.

Tak hanya itu, dominasi ganda putra Indonesia juga terjadi di turnamen bulutangkis tertua All England dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir.

Melansir data dari Wikipedia, pada periode tahun 2013-2022, ganda putra Indonesia mendominasi podium juara dengan menorehkan lima gelar juara.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil meraih gelar juara All England usai mengalahkan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa melalui dua gim langsung.

Gelar All England kembali ke pelukan Tanah Air usai Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil meraih juara secara back to back pada 2017 dan 2018.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali meraih juara di All England 2019. Sementara edisi terakhir, Bagas Maulana/Shohibul Fikri naik podium tertinggi di All England 2022.