Skuad India di Asia Mixed Team Championship 2023: Sindhu dan Penakluk Axelsen Jadi Tulang Punggung

Jumat, 3 Februari 2023 14:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Peraih dua medali Olimpiade PV Sindhu dan rising star Lakshya Sen, menjadi tulang punggung skuad India di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Peraih dua medali Olimpiade PV Sindhu dan rising star Lakshya Sen, menjadi tulang punggung skuad India di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

INDOSPORT.COM – Peraih medali Olimpiade PV Sindhu dan dua penakluk Viktor Axelsen, menjadi tulang punggung skuad India di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023.

Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 akan dilangsungkan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 14-19 Februari 2023 mendatang.

Sebagian besar tim sudah mengumumkan skuad mereka untuk mengarungi turnamen kualifikasi Piala Sudirman di Suzhou China tersebut. Salah satunya India.

India melalui Asosiasi Bulutangkis India (BAI) sejatinya sudah mengumumkan jauh-jauh hari pemain yang akan diikutkan ke turnamen beregu campuran ini. Di antaranya, PV Sindhu dan HS Prannoy. 

PV Sindhu merupakan peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 dan perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, Sindhu memenangkan medali emas Commonwealth Games tahun lalu.

Sejauh ini, PV Sindhu jadi pebulu tangkis tunggal putri India yang paling konsisten performanya. Tak heran jika dirinya masih mampu bertahan di peringkat 9 dunia pada ranking BWF.

Ada pun HS Prannoy termasuk bagian dari tim India yang berhasil memenangkan gelar Piala Thomas tahun lalu dan peraih emas Commonwealth Games 2018 di nomor beregu campuran.

Selain PV Sindhu dan Prannoy, India juga akan diperkuat dua bintang lainnya yakni Lakshya Sen dan jawara French Open 2022, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Sama seperti Prannnoy, Satwik/Chirag dan Laskhya merupakan aktor kesuksesan India merengkuh Piala Thomas untuk pertama kalinya dalam sejarah bulutangkis.

Sekedar catatan, BAI menentukan nama-nama pemain di Badminton Asia Mixed Team Championships berdasarkan ranking dan hasil seleksi nasional.