Viral! Kisah Irwansyah Jadi ‘Juru Selamat’ Syabda Perkasa Belawa di Piala Thomas Bikin BL Mewek

Minggu, 12 Februari 2023 16:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PBSI
Kisah pelatih tunggal putra Irwansyah menyelamatkan karier Syabda Perkasa Belawa usai nyaris dicoret dari skuad Piala Thomas viral dan membuat netizen terharu. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Kisah pelatih tunggal putra Irwansyah menyelamatkan karier Syabda Perkasa Belawa usai nyaris dicoret dari skuad Piala Thomas viral dan membuat netizen terharu. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Kisah pelatih tunggal putra Irwansyah menyelamatkan karier Syabda Perkasa Belawa usai nyaris dicoret dari skuad Piala Thomas viral dan membuat netizen terharu.

Siapa yang tidak kenal Syabda Perkasa Belawa. Bintang muda pelatnas PBSI tersebut pernah menyelamatkan muka Indonesia di kejuaraan beregu Piala Thomas 2022.

Saat menghadapi korea Selatan di babak penyisihan grup, Syabda Perkasa Belawa tampil di partai kelima alias jadi penentu nasib tim Merah Putih.

Menggadapi Lee Yun-gyu, Syabda Perkasa Belawa berjuang mati-matian demi menyumbang poin lewat kemenangan rubber set 21-14, 11-21, dan 21-16.

Di balik aksi heroik di Piala Thomas 2022, Syabda Perkasa Belawa rupanya pernah nyaris gagal dibawa ke Bangkok karena namanya dicoret dari daftar skuad pemain.

Adalah Coach Irwansyah yang berhasil mengembalikan nama Syabda Perkasa Belawa ke daftar pemain Indonesia yang akhirnya harus puas dengan status runner-up di turnamen tersebut.

Syabda Perkasa Belawa sejatinya hendak diturunkan di SEA Games (Vietnam), tetapi di menit-menit akhir pelatih menyuruhnya bermain di Piala Thomas.

Namun jelang keberangkatan ke Bangkok, Syabda malah dihantam cedera pinggang sehingga membuat PBSI berencana mencoretnya dari skuad Piala Thomas.

Mendengar rencana tersebut, Irwansyah memohon agar BSI tetap memasukkan nama Syabda Perkasa Belawa di belakang nama Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Kisah ini membuat seorang badminton lovers (BL) Indonesia terharu dan memviralkan kisah Irwansyah-Syabda Perkasa Belawa di media sosial Twitter.