Bikin Geger BL Gara-gara Rasis Seret Agama, Eks Pebulutangkis Malaysia Minta Maaf

Selasa, 14 Februari 2023 16:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
Eks pebulutangkis Malaysia, Bong Guang Yik akhirnya minta maaf setelah dirinya dikecam karena unggahan videonya yang mengkritik BAM hingga rasis dan seret agama Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
Eks pebulutangkis Malaysia, Bong Guang Yik akhirnya minta maaf setelah dirinya dikecam karena unggahan videonya yang mengkritik BAM hingga rasis dan seret agama

INDOSPORT.COM – Mantan pebulutangkis Malaysia, Bong Guang Yik akhirnya minta maaf setelah dirinya dikecam karena unggahan videonya yang mengkritik BAM hingga rasis dan seret agama.

Kabar menggegerkan ini bermula dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) mengeluarkan pernyataan tegas akan menindaklanjuti Bong Guang Yik yang sudah berbuat rasis pada Senin (14/2/23).

Setelah dirinya menjadi viral dan mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, Bong Guang Yik akhirnya buka suara.

Mantan pemain bulutangkis Malaysia yang kini menjadi pelatih di China itu meminta maaf kepada warga Negeri Jiran dan semua pihak yang telah dirugikan.

Ia mengaku bahwa awalnya dirinya hanya ingin mengemukakan pendapatnya soal perkembangan bulutangkis di negara asalnya.

Namun Bong Guang Yik mengaku telah melewati batas karena telah bersikap rasis dan agama dalam pernyataannya di video yang sudah viral di jagat maya.

“Saya ingin meminta maaf kepada semua orang. Alasan utama saya berkomentar ialah karena saya sangat bersemangat dengan olahraga ini,” ucap Bong Guang Yik, dilansir dari BHarian Sports.

“Saya merasa memiliki tanggung jawab untuk berusaha memajukan bulutangkis dan industri olahraga untuk kepentingan semua. Maka saya sampaikan semua jajaran manajemen harus dalam kondisi yang baik,” tambahnya.

Lebih lanjut dirinya mengaku bahwa ia tak seharusnya menyinggung soal rasisme dan agama serta isu-isu sensitif yang terkait.

Pernyataan Bong Guang Yik yang mengritik BAM hingga akhirnya bersikap rasis dan membawa agama pun membuat netizen Indonesia maupun Malaysia bersatu karena sama-sama geram.