Daftar Tim yang Lolos Kualifikasi Piala Sudirman 2023: China Berjuang Tanpa Keringat, Indonesia?

Sabtu, 18 Februari 2023 12:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
China berhasil menempati satu tempat tanpa keringat, sedangkan Indonesia tengah was-was di daftar tim yang lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
China berhasil menempati satu tempat tanpa keringat, sedangkan Indonesia tengah was-was di daftar tim yang lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM China berhasil menempati satu tempat tanpa keringat, sedangkan Indonesia tengah was-was di daftar tim yang lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023.

Saat ini, sejumlah negara dari berbagai penjuru dunia tengah berjuang di sejumlah kompetisi kontinental seperti Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC 2023).

Lalu European Mixed Team Championships (EMTC), Oceania Mixed Team Championships (OMTC), dan Pan American Cup 2023.

Masing-masing tim yang lolos berhak mengisi satu slot kualifikasi Piala Sudirman 2023, yang berlangsung pada 14-21 Mei di Suzhou, China dan merupakan ajang major event pertama yang digelar oleh BWF pada musim 2023 ini.

Tak hanya itu, kompetisi beregu tersebut juga menjadi turnamen pembuka untuk perhitungan poin kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2022.

Melansir dari BadmintonTalk di Twitter, sudah ada 14 dari 16 negara yang mengisi daftar kualifikasi ajang bergengsi ini.

China sendiri langsung otomatis lolos karena merupakan tuan rumah. Skuad yang berisikan pemain pelapis itu kini berhasil lolos ke semifinal BAMTC 2023, maka Jepang selaku negara Asia dengan ranking tertinggi akan mengisi satu slot sebagai gantinya.

Indonesia sendiri berhasil mengamankan satu tempat meski tersingkir usai kalah 1-3 dari Korea di perempat final BAMTC 2023, karena dihitung berdasarkan ranking yang diakumulasikan dari poin tertinggi di lima sektor pada di peringkat BWF.

Sementara dua slot yang masih kosong menanti hasil dari ajang Pan America dan Oceania pada Minggu (19/02/23) besok.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar tim yang lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023: