Kutukan di BAMTC Berlanjut, Lee Chong Wei Khawatirkan Nasib Malaysia di Piala Sudirman 2023

Minggu, 19 Februari 2023 12:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© On Man Kevin Lee/Getty Images
Legenda tunggal putra, Lee Chong Wei mengkhawatirkan nasib Malaysia di Piala Sudirman 2023 usai skuat Negeri Jiran belum mampu mengakhiri kutukan di BAMTC 2023. Copyright: © On Man Kevin Lee/Getty Images
Legenda tunggal putra, Lee Chong Wei mengkhawatirkan nasib Malaysia di Piala Sudirman 2023 usai skuat Negeri Jiran belum mampu mengakhiri kutukan di BAMTC 2023.

INDOSPORT.COM – Legenda tunggal putra dunia, Lee Chong Wei mengkhawatirkan nasib Malaysia di Piala Sudirman 2023 usai skuat Negeri Jiran belum mampu mengakhiri kutukan di BAMTC 2023.

Malaysia dipaksa harus legowo usai perjuangannya berakhir karena kalah 2-3 atas China di babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC 2023) pada Jumat (17/2/23).

Padahal Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) telah menargetkan Lee Zii Jia dkk lolos hingga babak semifinal. Namun target tersebut sayangnya tak bisa terpenuhi.

Malaysia pun menyusul tim unggulan lainnya yakni Jepang selaku unggulan kedua yang kalah 2-3 dari Thailand, dan Indonesia sebagai unggulan ketiga yang takluk 1-3 dari Korea di perempat final.

Kegagalan Malaysia menjadi sorotan berbagai pihak, karena mereka belum mampu mengakhiri kutukan di BAMTC yakni selalu kandas di babak perempat final pada edisi 2017 dan 2019 lalu.

Termasuk sang legenda yakni Datuk Lee Chong Wei yang ikut buka suara. Mantan tunggal putra itu memberikan wejangan agar juniornya tak berkecil hati karena belum mampu memenuhi ekspektasi.

Mantan rival Taufik Hidayat itu juga mengatakan alih-alih larut dalam kekecewaan, lebih baik mereka berasama BAM berdiskusi untuk memperbaiki diri di ajang beregu.

Terutama Piala Sudirman 2023 yang akan digelar pada 14-19 Mei di Suzhou, China, sekaligus menjadi major event pertama musim ini dan menandai dimulainya pengumpulan poin untuk Olimpiade Paris 2024

“BAM perlu berdiskusi soal ajang beregu dan mempersiapkan diri dengan baik untuk memastikan skuatnya bisa mencapai babak final,” ucap Lee Chong Wei, dilansir dari Bernama.

Lee Chong Wei pun merasa khawatir para pemain Malaysia merasa berkecil hati usai kalah di BAMTC 2023, sehingga mereka perlu menemukan rasa percaya diri dan semangat juang jelang Piala Sudirman 2023.