Berujung Pindah Negara Usai Konflik dengan PBSI, Intip Nasib Tak Terduga Pebulu Tangkis Tampan Ini

Jumat, 24 Februari 2023 11:20 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@dinataaria_07
Usai dibuat sakit hati dengan PBSI hingga putuskan bela Kroasia pada awal 2023, bagaimana kabar Aria Dinata, eks murid legenda bulutangkis Hermawan Susanto? Copyright: © Instagram@dinataaria_07
Usai dibuat sakit hati dengan PBSI hingga putuskan bela Kroasia pada awal 2023, bagaimana kabar Aria Dinata, eks murid legenda bulutangkis Hermawan Susanto?

INDOSPORT.COM – Usai dibuat sakit hati dengan PBSI hingga putuskan bela Kroasia pada awal 2023, bagaimana kabar Aria Dinata, eks murid legenda bulutangkis Hermawan Susanto?

Sekadar informasi, Aria Dinata adalah atlet tunggal putra bulutangkis asal Indonesia yang lahir di Jakarta pada 12 Juli 2003. Daniel, demikian sapaan akrabnya, berlatih bulutangkis sejak kecil.

Aria Dinata pernah dilatih khusus oleh mantan peraih medali perunggu Olimpiade Barcelona 1992, Hermawan Susanto, dan istrinya, Sarwendah Kusumawardhani.

Dari sekilas perjuangannya, Aria Dinata sukses menembus persaingan dunia dengan beragam prestasi seperti juara Singapore Youth International Series 2017 dan  finalis Thailand International Series 2017.

Aria Dinata juga diketahui resmi bergabung dengan klub Hrvatski Badminton Saves di Kroasia sejak beberapa tahun lalu.

Sebagai pebulu tangkis independen atau non-pelatnas PBSI, Aria Dinata pun kerap kali wara-wiri di berbagai turnamen di bawah bendera Indonesia.

Namun usai perjuangannya terhenti di perempat final Bulgarian International Championships 2022, Aria Dinata membuat pengumuman rencana kepindahannya membela Krosia.

Kepindahannya ke Kroasia itu diumumkan di instagramnya pada November 2022. Banyak hal yang melatarbelakangi keputusannya. Salah satunya karena dia kecewa dengan regulasi PBSI.

Dalam regulasi PBSI, setiap atlet Indonesia yang hendak mendaftakan diri ke berbagai turnamen, ada ketentuan minimal ranking.

Bahkan untuk turnamen level Future Series, PBSI mengharuskan atlet Indonesia memiliki ranking minimal 1-400. Kebijakan itu dianggap merugikan sejumlah atlet non-ranking.

© Instagram Story @dinataaria_07
Curhat tunggal putra Aria Dinata sakit hati dengan PBSI Copyright: Instagram Story @dinataaria_07Curhat tunggal putra Aria Dinata sakit hati dengan PBSI, Sumber IG Story @dinataaria_07

Terlepas dari panasnya konflik antara PBSI dan Aria Dinata, lantas bagaimana kabar sang atlet yang saat ini membela Kroasia?