Apa Kabar Huang Hua, Eks Ratu Bulutangkis Cantik China yang Akhirnya Jadi WNI

Sabtu, 25 Februari 2023 10:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Dok. Tjandra
Mantan Pebulu tangkis China Huang Hua bersama Suaminya Tjandra. (Foto: Dok. Tjandra) Copyright: © Dok. Tjandra
Mantan Pebulu tangkis China Huang Hua bersama Suaminya Tjandra. (Foto: Dok. Tjandra)

INDOSPORT.COM –  Mari mengintip kabar terbaru Huang Hua, mantan ratu bulutangkis China sekaligus rival berat Susy Susanti yang kini putuskan jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Flashback sejenak, Huang Hua dan rekan seangkatannya, Tan Jiuhong, adalah pemain tunggal putri China terkemuka di antara era Han Aiping dan li Lingwei, sekitar periode 80-an dan 90-an.

Huang Hua turut mengantarkan tim bulutangkis putri China memenangkan kejuaraan Piala Uber pada tahun 1990 dan 1992.  

Sementara di sektor individu, Huang Hua menyabet medali perunggu Olimpiade Barcelona 1992 dan perak Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1989.

Salah satu yang berperan besar pada pencapaian prestasi Huang Hua adalah pelatihnya yang pernah tinggal di Indonesia, yakni Chen Yu Niang.

Sayangnya, Huang Hua pun memutuskan pensiun dari bulutangkis di era kejayaannya yang sempat mengguncang jagat bulutangkis.

Sempat  bertengger sebagai tunggal putri ranking satu dunia, Huang Hua memutuskan pensiun usai penyesalannya karena tidak bisa menghadiri pemakaman sang ayah yang meninggal dunia.

Di antara dinamika kehidupannya sebagai atlet bulutangkis China, eks rival Susy Susanti itu memiliki kisah indah soal kehidupan asmaranya dengan pria asal Indonesia, Tjandra Budi Dharmawan.

Huang Hua dan Tjandra berkenalan pertama kali pada tahun 1991 saat ada kompetisi di Malang. Sosok pelatihnya, Chen Yu Niang, sebagai kerabat dekat Tjandra, memiliki peran besar pada pertemuan itu.

Hingga akhirnya cinta semakin bersemi saat keduanya sama-sama menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Huang Hua dan Tjandra menikah pada tahun 1993.

Keputusan menikah yang membuat Huang Hua pada akhirnya menetapkan pilihan untuk tinggal di Klaten dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Lalu bagaimana kabarnya sekarang?