4 Pebulutangkis Indonesia yang Tak Diunggulkan tapi Bikin Kejutan Manis di Olimpiade

Sabtu, 4 Maret 2023 14:19 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Jonathan Ferrey/Getty Images
Shon Seung-mo, Taufik Hidayat, dan Sony Dwi Kuncoro di podium Olimpiade 2004 Athena. Copyright: © Jonathan Ferrey/Getty Images
Shon Seung-mo, Taufik Hidayat, dan Sony Dwi Kuncoro di podium Olimpiade 2004 Athena.

INDOSPORT.COM - Bulutangkis adalah salah satu andalan Indonesia dalam mendulang medali di Olimpiade. Dari sederet edisi yang dilaluinya, ada empat pebulutangkis Indonesia yang tampil mengejutkan di ajang Olimpiade.

Sebagaimana diketahui, bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga yang paling sering meraih prestasi untuk Indonesia. Bulutangkis Indonesia telah diakui banyak negara sejak lama.

Dari para legenda hingga atlet masa kini, setidaknya ada beberapa pebulutangkis yang mampu meraih medali di Olimpiade.

Untuk melihatnya, berikut pebulutangkis Indonesia yang bikin kejutan di Olimpiade meski namanya tak masuk daftar unggulan.

Taufik Hidayat

Jika berbicara soal legenda tunggal putra Indonesia, nama Taufik Hidayat tentu masuk dalam barisan. Hal ini benar karena dia pernah memenangi medali emas di Olimpiade Athena 2004.

Di bawah kepelatihan Mulyo Handoyo, Taufik mampu mengalahkan lawan-lawannya dalam straight game saja, kecuali saat bertemu Woong Choong Hann dari Malaysia.

Melaju ke final, Taufik menghadapi Shon Seung-mo, wakil Korea Selatan. Dia pun membawa pulang medali emas usai menaklukkan Shon dengan skor 15-8, 15-7.

Padahal di game pertama, Shon mampu unggul 0-7. Tetapi, Taufik berhasil bangkit dan membalikkan keadaan dan berlanjut dengan memenangi game kedua.