Tantangan Terbuka Lee Chong Wei untuk Pelapis Lee Zii Jia, Ditunggu di Olimpiade!

Minggu, 5 Maret 2023 12:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© On Man Kevin Lee/Getty Images
Legenda bulutangkis Malaysia Lee Chong Wei menantang pelapis Lee Zii Jia yakni Ng Tze Yong jelang Olimpiade Paris 2024. Copyright: © On Man Kevin Lee/Getty Images
Legenda bulutangkis Malaysia Lee Chong Wei menantang pelapis Lee Zii Jia yakni Ng Tze Yong jelang Olimpiade Paris 2024.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Malaysia Lee Chong Wei menantang pelapis Lee Zii Jia yakni Ng Tze Yong jelang Olimpiade Paris 2024.

Ng Tze Yong sendiri menjadi tunggal putra utama di Pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) usai Lee ZIi Jia resmi hengkang pada awal Januari 2022 lalu.

Namun, bisa dibilang Ng Tze Yong belum mampu tampil sebagai tunggal putra ancaman pebulu tangkis top dunia lainnya, dibanding dengan Lee Zii Jia yang saat ini di peringkat empat dunia.

Jauh dengan Ng Tze Yong yang masih sulit bersaing dengan bertengger di ranking 28 dunia. Tentu hal ini menjadi sorotan legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei.

Lee Chong Wei sempat mengritik tunggal putra Pelatnas BAM itu dengan menyebutkan Tze Yong termasuk kesulitan untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

“Jika Tze Yong tidak lolos ke 16 besar dunia, dia tidak akan pergi ke Olimpiade (Paris 2024). Apakah kita akan menunggu empat tahun lagi? Apa yang terjadi tentu kita tidak tahu,” kata Lee Chong Wei.

"Jadi dia (Ng Tze Yong) harus bekerja keras seperti yang kami inginkan. Tunggal putra memiliki tujuh pemain, saya harap bisa berbagi pengalaman saya di Olimpiade 2016,” sambungnya.

Sekadar informasi, Lee Chong Wei merupakan mantan pebulu tangkis andalan Malaysia yang dikenal masuk ke dalam Big Four bersama Taufik Hidayat, Lin Dan dan Peter Gade.

Lee Chong Wei sendiri berpengalaman tampil di Olimpiade. Terakhir, di Rio 2016, rival Taufik Hidayat itu kalah dari Lin Dan di babak final serta harus puas kembali pulang dengan medali perak.

Meski dikenal sebagai raja super series dengan total 69 gelar juara di sepanjang kariernya, Lee Chong Wei selalu apes pada tiga edisi Olimpiade (2008, 2012, 2016) dengan meraih medali perak.