China Makin Mengerikan Saja! Ratu Bulutangkisnya Turun Gunung Latih Bibit Muda

Senin, 27 Maret 2023 17:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Weibo Hong Wei
Jadi negara dengan kekuatan besar bulutangkis, China semakin mengerikan saja. Ratu Olimpiade mereka, Zhao Yunlei, kini aktif turun gunung latih bibit muda. Copyright: © Weibo Hong Wei
Jadi negara dengan kekuatan besar bulutangkis, China semakin mengerikan saja. Ratu Olimpiade mereka, Zhao Yunlei, kini aktif turun gunung latih bibit muda.

INDOSPORT.COM – Jadi negara dengan kekuatan besar bulutangkis, China semakin mengerikan saja. Ratu Olimpiade, Zhao Yunlei, kini aktif turun gunung latih bibit muda.

Siapa yang tidak mengenal Zhao Yunlei, ratu badminton Asosiasi Bulutangkis China yang memiliki deretan prestasi menggunung semasa kariernya.

Zhao Yunlei pernah menempati ranking satu dunia ganda putri bersama Cheng Su pada tahun 2019, serta Tian Qing pada 2012.

Zhao Yunlei juga pernah menempati ranking satu dunia ganda campuran dengan Zhang Nan pada 2011. Pencapaian terbaiknya yakni dua medali emas di Olimpiade 2012 bersama Zhang Nan dan Tian Qing.

Di balik menterengnya karier sebagai atlet bulutangkis, Zhao Yunlei sempat terseret skandal cinta segitiga. Pasalnya, sang kekasih, Zhang Nan, ‘berselingkuh’ dengan Tian Qing.

Tak lama setelah skandal cinta segitiga itu menerpa, Zhao Yunlei memutuskan untuk menyudahi kariernya usai Olimpiade 2016. Dia menikah dengan Hong Wei pada 2018.

Singkat cerita, Zhang Nan juga pada akhirnya juga menikahi Tian Qing. Kedua pasangan yang pada kini telah bahagia dalam menjalin rumah tangga.

Dalam karier baru sebagai ibu rumah tangga, Zhao Yunlei enggan jauh-jauh dari bulutangkis yang selama ini membesarkan namanya.

Zhao Yunlei sempat masuk di jajaran asisten pelatih sektor ganda putri China untuk membantu Tao Jiaming dan He Hanbin. Dia juga merangkap jabatan di Asosiasi Tenis Meja China.

Namun kariernya sempat terhenti karena kehamilan. Setelah melahirkan pada Senin (13/9/21), beberapa rumor menyebut jika Zhao Yunlei kembali melatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis China.

Hanya saja, sepertinya itu masih sebatas rumor lantaran Zhao Yunlei unggah status seolah dia kembali lanjut studi S2 di Renmin University of China. Saat ini dia juga aktif membina bibit muda bulutangkis.