Pensiun Muda, Eks Rival Anthony Ginting Langsung Gacor Jadi Pelatih Tersukses China

Selasa, 28 Maret 2023 17:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© BWF
Mantan rival berat Anthony Ginting, Qiao Bin, kini bisa dibilang sedang bertrasformasi cepat sebagai pelatih bulutangkis tersukses di negaranya, China. Copyright: © BWF
Mantan rival berat Anthony Ginting, Qiao Bin, kini bisa dibilang sedang bertrasformasi cepat sebagai pelatih bulutangkis tersukses di negaranya, China.

INDOSPORT.COM – Mantan rival berat Anthony Ginting, Qiao Bin, kini bisa dibilang sedang bertransformasi cepat sebagai pelatih bulutangkis tersukses di negaranya, China.

Qiao Bin lahir di Xiangtan, 17 November 1992. Qiao Bin adalah mantan tunggal putra China, satu tahun lebih muda dari peraih emas Olimpiade London 2012, Li Xuerui, yang saat ini sudah menjadi istrinya.

Saat masih menjadi atlet nasional di Asosiasi Bulutangkis China (CBA), Qiao Bin pernah menempati ranking tertinggi di 14 besar dunia. Dia pernah sabet gelar Korea Open 2016.

Meski kariernya biasa-biasa saja, namun Qiao Bin telah mengalahkan sejumlah atlet top dunia, seperti Kento Momota hingga Anthony Ginting.

Kemenangan terakhir Qiao Bin dari Anthony Ginting yakni saat turnamen Badminton Asia Team Championship (BATC) 2018.

Saking panasnya rivalitas keduanya, saat itu Qiao Bin sempat kena hujat netizen karena selebrasinya yang dianggap berlebihan usai mengalahkan Anthony Ginting.

Qiao Bin pun memutuskan pensiun di usia ke-26 usai keberhasilannya menembus semifinal Singapore Open 2018. Cedera adalah salah satu alasan gantung raket.

Selang tiga tahun usai pensiun, Qiao Bin mengagetkan publik saat ditunjuk bersama Sun Jun menggantikan Chen Yu yang didepak dari kursi pelatih tunggal putra Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Hal itu tak lepas dari rekor buruk tunggal putra China dalam beberapa waktu terakhir termasuk di Piala Thomas 2022 lalu.

Tak sampai seminggu, debut Qiao Bin sebagai pelatih pun moncer dengan mengantarkan Li Shi Feng menjadi runner-up Thailand Open 2022.

Saat ini, Qiao Bin kian tersorot usai berhasil mengantarkan dua muridnya ke final England 2023 Maret lalu, yakni Li Shi Feng vs Shi Yuqi.