Wejangan Herli Djaenudin yang Sukses Bawa Gregoria Mariska ke Final Spain Masters

Minggu, 2 April 2023 13:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung akan tampil di final Spain Masters 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung akan tampil di final Spain Masters 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ada wejangan dari pelatih sektor tunggal putri Indonesia, Herli Djaenudin, yang sukses membawa Gregoria Mariska Tunjung ke final Spain Masters 2023.

Gregoria Mariska memastikan langkahnya ke final Spain Masters 2023, usai menjegal wakil tuan rumah sekaligus mantan peraih medali emas Olimpiade, Carolina Marin.

Bertanding di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, Gregoria Mariska berhasil comeback dalam pertarungan rubber, skor akhir 10-21, 21-15, 21-10.

Dengan demikian, Gregoria Mariska berhak melangkah ke final Spain Masters 2023, dan akan menantang Pusarla Sindhu asal India.

Terlihat dalam skor akhir, Gregoria Mariska awalnya kesulitan untuk meladeni gaya permainan Carolina Marin, hingga ia tumbang dengan skor telak 10-21.

Kala itu, pelatih Herli Djaenudin yang mendampingi Gregoria, meminta anak asuhnya untuk mengubah gaya bermain.

Benar saja, setelah bermain bola-bola panjang, Gregoria berhasil comeback dan akhirnya menang atas Carolina Marin.

"Awalnya, seperti di gim pertama, dia kalah karena banyak mengadu permainan depan. Pada gim kedua dan ketiga, diubah menjadi pola permainan ke belakang dan berhasil."

"Selain itu, pola permainannya berubah karena saya juga melihat kondisi Gregoria sudah mulai kelelahan," ungkap Herli.

"Jadi (kita ubah strategi) biar dia lari dan pergerakan menutup lapangan tidak terlalu jauh. Maklum, ini adalah turnamen ketiga secara beruntun yang diikuti Gregoria."

Sebelumnya, Gregoria Mariska sudah tampil gemilang di All England (Inggris) dan Swiss Open (Prancis), lalu kini lanjut di Spain Masters (Spanyol) dalam tiga pekan beruntun.