Skuat Indonesia di BAC 2023: Turunkan Kekuatan Penuh Meski Tanpa Kevin/Marcus

Selasa, 11 April 2023 09:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi salah satu skuad Indonesia di BAC 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi salah satu skuad Indonesia di BAC 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Bulutangkis Indonesia bakal menurunkan skuat utamanya meski tanpa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Badminton Asia baru saja resmi mengumumkan formasi tim masing-masing negara untuk ajang BAC 2023, yang berlangsung di Dubai pada 25-30 April mendatang.

Indonesia sendiri akan mengirimkan 18 wakilnya alias hampir semuanya full skuad di lima sektor berbeda. Sekadar informasi, ajang ini hanya dikhususkan untuk para pebulutangkis di Asia.

Hanya pemain yang lolos eligible atau menjadi prioritas dalam ajang ini. Status tersebut dihitung berdasarkan ranking dunia para pemain. Setiap sektor hanya mengirimkan paling banyak empat pemain terbaik di negaranya.

Skuad Garuda hanya mengirimkan tiga wakilnya di tunggal putra dan putri, sementara untuk semua nomor ganda masing-masing mengirimkan empat pasangan terbaiknya.

Seperti biasa, ganda putra akan menjadi nomor yang diunggulkan untuk meraih gelar juara mengingat menurunkan kekuatan penuh meski tanpa Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang ada di peringkat keenam untuk Indonesia di belakang Pramudya/Yeremia.

Sementara itu, Pramudya/Yeremia selaku juara BAC 2022 musim lalu tak bisa berpartisipasi karena sempat cedera dan absen panjang.

Faktor tersebut membuatnya kehilangan banyak poin dan tersalip oleh empat pasangan ganda putra Indonesia, hal ini juga dialami oleh Kevin/Marcus sehingga harus gigit jari tak bisa berpartisipasi.

Sejumlah pemain andalan juga akan unjuk gigi yakni salah satunya Apriyani Rahayu/Siti Fadia di ganda putri, lalu ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.

Menurut bocoran dari Fajar Alfian, tim Garuda akan terbang ke Dubai pada 23 April nanti. Untuk lebih lengkapnya berikut skuad Indonesia di BAC 2023: