Skuat Thailand di BAC 2023: Ada ‘Penghancur’ Anthony Ginting dan Rival Praveen/Melati

Selasa, 11 April 2023 13:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Bulutangkis Thailand dipastkan menurunkan skuad utamanya di ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023, termasuk ‘monster’ tunggal putra, Kunlavut Vitidsarn. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Bulutangkis Thailand dipastkan menurunkan skuad utamanya di ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023, termasuk ‘monster’ tunggal putra, Kunlavut Vitidsarn.

INDOSPORT.COM – Bulutangkis Thailand dipastkan menurunkan skuad utamanya di ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023, termasuk ‘monster’ tunggal putra, Kunlavut Vitidsarn.

Federasi Badminton Asia baru resmi merilis formasi tim masing-masing negara se-Asia yang akan tampil di Badminton Asia Championsips (BAC), yang berlangsung di Dubai pada 25-30 Apri mendatang.

Seperti diketahui, ajang BAC 2023 ini masih tidak menyediakan hadiah uang untuk para kontestan sama seperti edisi sebelumnya yang digelar di Manila, Filipina tahun lalu.

Namun, Badminton Asia tetap menyediakan sejumlah poin penting setara dengan level BWF World Tour Super 1000, untuk mendongkrak peringkat dunia para pebulutangkis.

Sehingga, banyak negara dengan basis bulutangkis terbesar menurunkan sejumlah pebulutangkis andalan mereka, bahkan memiliki ranking di 10 besar dunia.

Salah satunya Thailand, Thailand akan mengirimkan 18 wakilnya alias hampir semuanya full skuad di lima sektor berbeda. Namun untuk tunggal putra, Thailand hanya mengirim 2 wakilnya.

Kunlavut Vitidsarn dan Kantaphon Wangcharoen akan jadi wakil Thailand di sektor ini. Di antara keduanya, Kunlavut jelas paling ditakuti oleh rival-rival se-Asia.

Kunlavut sudah membuktikan kemampuannya dengan menaklukkan sejumlah pemain top seperti Ng Ka Long Angus, Loh Kean Yew, Anthony Ginting, Kento Momota, Anders Antonsen hingga Viktor Axelsen.

Ratchanok Intanon akan memimpin di sektor tunggal putri, sedangkan di ganda putra dan putri akan dipimpin pasangan Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren dan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Ada pun di sektor ganda campuran, Thailand masih mengandalkan pasangan peringkat 4 dunia Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.